Sukses

Bikin Merinding, Ini 5 Urban Legend yang Sempat Populer di Indonesia

Berikut beberapa urban legend Indonesia yang sempat populer

Liputan6.com, Jakarta - Urban legend atau legenda urban merupakan sebuah cerita yang beredar di masyarakat yang umumnya berkaitan dengan kisah mistis, horor, dan mengerikan. Banyak urband legend yang sempat populer di kalangan masyarakat.

Bahkan, kisah-kisah misteri itu masih diingat masyarakat hingga saat ini. Mengutip dari berbagai sumber, berikut beberapa urban legend Indonesia yang sempat populer:

1. Hantu Jeruk Purut

Hantu jeruk purut merupakan urban legend berupa hantu tanpa kepala. Hantu ini bergentayangan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Jeruk Purut, Jakarta.

Beberapa cerita menyebut, hantu tanpa kepala itu dulunya adalah seorang pastor yang hidup pada masa kolonial Belanda. Ia dibunuh, sehingga arwahnya menjadi gentayangan.

Hantu yang sering menampakkan diri berkeliling di kuburan pada malam hari sambil menenteng kepalanya sendiri ini konon mencari kuburannya yang tak kunjung ditemukan. Kisah mistis ini semakin populer setelah diangkat ke layar lebar berjudul 'Hantu Jeruk Purut' pada 2006.

2. Kolor Ijo

Urban legend kolor ijo pernah tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Cerita ini bermula dari kasus pemerkosaan di Kampung Cijengkol, Bekasi, Jawa Barat pada Oktober 2003.

Korban mengaku diserang oleh seorang lelaki bertubuh besar dan berbulu. Lelaki tersebut hanya mengenakan celana dalam berwarna hijau.

Cerita ini kemudian juga muncul di kampung tetangga dan kampung-kampung lainnya. Setelah tersebar semakin luas, beberapa warga berspekulasi bahwa pelaku adalah seorang laki-laki yang sedang berusaha menyempurnakan ilmu hitamnya dengan syarat memperkosa banyak perempuan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mister Gepeng

3. Mr. Gepeng

Cerita mistis Mr. Gepeng pernah viral pada era 90-an. Konon, hantu Mr. Gepeng adalah jelmaan seorang lelaki kaya raya yang mengalami kecelakaan di dalam lift.

Kecelakaan tersebut menyebabkan tubuhnya menjadi gepeng dan tewas seketika. Namun, ada pula yang menyebut bahwa pria tersebut tewas karena terlindas buldoser yang membuat tubuhnya gepeng tak berbentuk.

4. Nenek Gayung

Nenek Gayung merupakan makhluk berwujud nenek tua yang tiba-tiba muncul di pinggir jalan. Hantu ini dikabarkan mengenakan kebaya hitam kumal dan berjalan agak membungkuk.

Ia juga membawa dua peralatan tak biasa, yakni gayung dari batok kelapa dan sebuah tikar dari anyaman pandan. Konon, kedua peralatan tersebut digunakan untuk memandikan jenazah yang berpapasan dengannya.

5. Terowongan Casablanca

Terowongan Casablanca berlokasi di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan. Kawasan ini menjadi salah satu lokasi yang dianggap angker.

Hal itu karena berlembangnya kisah di masyarakat yang menyebut bahwa tempat ini menjadi lokasi bunuh diri seorang lelaki paruh baya. Ia gantung diri dengan menggunakan kain bekas spanduk.

Cerita lain menyebut, kawasan ini juga ditinggali oleh hantu kuntilanak merah. Hantu ini sering berkeliaran dan mengganggu para pengguna jalan.

Siapapun yang melewati kawasan ini wajib membunyikan klakson sebanyak tiga kali agar tidak mengalami kecelakaan. Saking populernya, bahkan terowongan ini telah diangkat ke layar lebar dengan judul 'Terowongan Casablanca' pada 2007.

(Resla Aknaita Chak)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini