Sukses

Orang-Orang Bernama Asep dari Seluruh Dunia Bakal Berkumpul di Kota Intan Garut

Acara ini menjadi ajang silaturahmi seluruh warga yang bernama Asep.

Liputan6.com, Garut - Paguyuban Asep Sedunia, bakal menggelar silaturahmi akbar ‘SilaturahSep’ atau Silaturahmi Asep dengan peserta hingga 5 ribu orang, di SOR RAA Adiwidjaya Garut, Jawa Barat, pada 15-16 Juli mendatang.

"Acara itu sebagai ajang silaturahmi seluruh warga yang bernama Asep di dunia ini," ujar Wakil Presiden Paguyuban Asep Sedunia, Asep Jaelani, Jumat (16/5/2023).

Menurutnya, kegiatan silaturahmi Asep digelar untuk merekatkan ajang silaturahmi nama Asep, namun bebas dari kepentingan politik praktisi, menjelang hadirnya pesta rakyat pemilu 2024.

"Kami tidak bicara soal politik dulu, tapi kami warga negara yang bernama Asep siap memberikan sumbangsihnya bagi negeri ini," kata dia.

Dalam Silaturahmi Asep itu, beragam kegoatan meriah siap ditampilkan bagi masyarakat kota Intan Garut, mulai tablig akbar, bazar UMKM, hingga jalan sehat santai dengan peserta mencapai ribuan orang.

"Untuk pelaksanaannya bazar dan gerak jalan santai, Asep dan dulur Asep bisa ikutlah seperti itu barangkali," kata dia mengajak warga yang bernama Asep atau saudara Asep untuk memerihkan kegiatan itu.

Dalam strata masyarakat Sunda, nama Asep merupakan nama kesayangan yang diberikan orangtua bagi anak laki-laki.

Kini, nama Asep tidak hanya menjadi kebanggaan dan ciri khas masyarakat Sunda semata, tetapi masyarakat dan suku lainnya di Indonesia, mulai menggunakannya. Bahkan di beberapa daerah di Indonesia, nama Asep digabung dengan marga atau marga satu suku, seperti Asep Situmorang, Asep Sugiarto, meskipun tidak memiliki ikatan keturunan suku Sunda sama sekali.

Belakangan paguyuban Asep Sedunia mengklaim nama Asep memiliki filosopi yang mendalam, sekaligus doa bagi anak laki-laki. A itu artinya agama, S itu sosial atau berjiwa sosial, E itu ekonomi atau menjadi pemimpin dalam dunia usia dan P adalah Pendidikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini