Sukses

8 Tips Sederhana Ini Bisa Bikin Kamu Tidur Nyenyak

Bagi sebagian orang, tidur bisa menjadi sangat sulit. Padahal tidur dengan porsi yang cukup bisa memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Liputan6.com, Jakarta - Bisa tidur nyenyak tanpa terbangun tengah malam bisa menjadi sebuah kemewahan bagi sebagian orang. Namun, mendapatkan tidur yang berkualitas bukan hal yang sulit, lho.

Bagi sebagian orang, tidur bisa menjadi sangat sulit. Padahal, tidur dengan porsi yang cukup bisa memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Dengan pola tidur yang baik, fungsi tubuh juga akan berjalan dengan baik. Tentu saja, ini bisa membuat kita terhindar dari berbagai penyakit, termasuk penyakit jantung.

Lamanya waktu tidur yang ideal biasanya tergantung dari usia seseorang. Berikut adalah waktu tidur yang sesuai dengan umur:

A. Usia 0-1 bulan: 14-18 jam sehari.

B. Usia 1-18 bulan: 12-14 jam sehari termasuk tidur siang. 

C. Usia 3-6 tahun: 11-13 jam, termasuk tidur siang. 

D. Usia 6-12 tahun: 10 jam sehari

E. Usia 12-18 tahun: 8-9 jam sehari

F. Usia 18-40 tahun: 7-8 jam setiap hari

Meski begitu, banyak orang yang kesulitan tidur dengan berbagai alasan. Untuk bisa mendapatkan tidur yang berkualitas, kamu bisa mengikuti beberapa tips tidur nyenyak berikut yang dirangkum dari berbagai sumber.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tips Tidur Nyenyak

1. Buat suasana tidur yang nyaman

Pastikan kamar tidur kamu cukup gelap, tenang, dan dingin. Gunakan bantal dan selimut yang nyaman untuk membuat kamu merasa nyaman.

2. Tetap konsisten dengan jadwal tidur

Cobalah untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, bahkan pada akhir pekan. Hal ini membantu tubuh mengatur siklus tidur kamu secara lebih baik.

3. Hindari kafein dan alkohol

Hindari minum kafein atau alkohol beberapa jam sebelum tidur. Kedua zat tersebut dapat mengganggu kualitas tidur kamu.

4. Kurangi aktivitas di tempat tidur

Gunakan tempat tidur hanya untuk tidur atau berhubungan intim. Hindari menggunakan tempat tidur untuk menonton TV, makan, atau bekerja, karena ini dapat mengganggu asosiasi tubuh kamu dengan tidur.

 

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

5. Hilangkan stres

Cobalah untuk menghilangkan stres sebelum tidur dengan meditasi, yoga, atau teknik relaksasi lainnya. Hindari membawa pekerjaan atau masalah ke tempat tidur.

6. Hindari gadget

Usahakan untuk tidak menggunakan gadget seperti ponsel atau tablet sebelum tidur. Cahaya biru dari layar gadget dapat mengganggu produksi melatonin di otak dan membuat kamu sulit tidur.

7. Olahraga secara teratur

Olahraga secara teratur dapat membantu kamu tidur lebih nyenyak. Namun, hindari berolahraga beberapa jam sebelum tidur karena dapat meningkatkan energi dan membuat kamu sulit tidur.

8. Hindari makan berat sebelum tidur

Cobalah untuk makan makanan ringan beberapa jam sebelum tidur. Hindari makan berat atau makanan pedas karena dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan mengganggu kualitas tidur.

Itu dia beberapa tips sederhana yang bisa membantumu tidur lebih nyenyak. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.