Sukses

Klaim Tak Ada Ledakan, Semburan Api di Rest Area Km 86 Cipali Masih Menyala

Astra Tol Cipali tidak pernah melakukan penggalian sumur bor baru di rest area 86 B. Bahkan, pengelola Cipali mengklaim sumur tersebut merupakan eksisting.

Liputan6.com, Cirebon - Semburan api yang terjadi di rest area Km 86 B Tol Cipali belum padam. Pengelola Tol Cipali terus berupaya melakukan pemadaman api di rest area tersebut.

Direktur Operasional Astra Tol Cipali Agung Prasetyo menegaskan, semburan api yang terjadi sejak kemarin siang tersebut bukan berasal dari sumur bor baru. 

Agung menegaskan, Astra Tol Cipali tidak pernah melakukan penggalian sumur bor baru di rest area Km 86 Tol Cipali. Agung memastikan semburan tersebut berasa dari sumur bor yang sudah ada sebelumnya. 

"Semburan api ini berasal dari sumur bor eksisting yang memang biasa digunakan untuk kebutuhan operasional sehari-hari di rest area 86B," kata Agung, Kamis (27/4/2023).

Agung mengaku sebelumnya pihak Astra Tol Cipali melakukan pemasangan pipa penyambung di sumur tersebut. Sambungan pipa juga untuk meningkatkan layanan rest area Km 86 B. 

Agung menegaskan, dalam kejadian ini juga tidak ada ledakan yang muncul. Astra Tol Cipali dengan instansi terkait terus berupaya menangani semburan api di rest area tersebut. 

"Untuk melokalisir area yang terdampak semburan api, kami memasang pagar perisai spandex mengelilingi area foodcourt sepanjang 156 meter. Pagar perisai spandex di lokasi semburan api dengan jarak 4-5 meter dari lokasi terdekat sumber api," kata Agung.

Agung memastikan akan mencari tenaga ahli terkait dengan proses pemadaman jika diperlukan. Melihat kondisi tersebut, Agung mengimbau kepada pengguna jalan yang hendak beristirahat selama arus balik lebaran 2023 agar dapat istirahat di rest area selanjutnya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Heboh

"Seperti di KM 102 atau di rest area selanjutnya di KM 62 Ruas Tol Jakarta – Cikampek (Japek) milik Jasa Marga atau bisa keluar di Gerbang Tol terdekat," katanya.

Sebelumnya, pengunjung di rest area KM 86 B tol Cipali yang berada di Kabupaten Subang, Jawa Barat dikagetkan dengan adanya semburan api yang muncul di area tempat istirahat tersebut, Rabu (26/4/2023).

Semburan api itu bersumber dari sebuah sumur yang berada di lokasi rest area tersebut, dimana awal kejadian yang mengagetkan pengunjung maupun pemilik tenant di rest area KM 86 B ini terjadi sekitar pukul 08.32 WIB.

Agung Prasetyo selaku Direktur Operasional Astra Tol Cipali mengungkapkan, sampai saat ini pihaknya masih melakukan observasi terhadap semburan api tersebut bersama dengan sejumlah pihak terkait.

Akibat kejadian ini, pihaknya telah menutup sementara rest area KM 86 B tol Cipali untuk bisa melakukan observasi lebih lanjut. Terutama melakukan proses pemadaman terhadap semburan api tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini