Sukses

Rekrutmen BUMN 2023 Segera Dibuka, Ini Tips Ampuh Agar Lulus Tes 

Tahapan registrasi Rekrutmen Bersama BUMN 2023 akan dimulai sejak tanggal 5 hingga 20 Mei 2023

Liputan6.com, Jakarta - Program yang paling ditunggu oleh talenta muda Indonesia datang kembali, yaitu Rekrutmen Bersama BUMN 2023. Tahapan registrasi Rekrutmen Bersama BUMN akan dimulai dari tanggal 5 hingga 20 Mei 2023, dilanjutkan dengan Tes TKD dan Akhlak tanggal 10-19 Juni 2023.

Tes TKD serta Akhlak memiliki pembobotan: TKD (40%) & Akhlak (60%) yang diikuti dengan Tes Bahasa Inggris tanggal 8-12 Juli 2023 dengan threshold >450 serta peringkat sesuai dengan rasio.

Setelah itu dilanjutkan dengan tes oleh BUMN pada tanggal 22 Juli - 9 Agustus 2023 yang meliputi: Tes Kompetensi Bidang, User Interview, Socmed Analytic & Digital, Mindset dan MCU (Medical Check Up). Setelah rangkaian tes tersebut selesai, pengumuman final berdasarkan hasil kelulusan tes oleh BUMN yang dimasukkan melalui sistem tanggal 16 Agustus 2023 mendatang.

Foiman Zega, seorang konten kreator Tiktok dan Instagram yang bekerja di salah satu Bank BUMN memaparkan tips dan trik menghadapi seleksi Rekrutmen Bersama BUMN 2023 pada tahun ini.

"Tips pertama, persiapkan persyaratan registrasi dari sekarang seperti KTP, Ijazah/Surat Keterangan Lulus, Transkip Nilai, Sertifikat Pelatihan, dan lainnya," ujar Foiman.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berlatih Mengerjakan Soal

Kedua, perbanyak mengerjakan latihan mengerjakan contoh soal-soal TKD Numerical Reasoning, Diagrammatical Reasoning, serta TKD Verbal Reasoning. 

Tips ketiga dari Foiman adalah memahami Core Values BUMN yaitu AKHLAK yang terdiri dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

Keempat, latihan mengerjakan soal-soal Bahasa Inggris dari buku atau bisa mengerjakan berbagai soal dari internet. 

Kelima, lakukan riset terhadap perusahaan BUMN  serta posisi yang sudah dipilih sebelumnya. 

"Penting untuk bijak dalam menggunakan sosial media atau percakapan di media digital seperti Instagram, Tiktok, Twitter, Facebook, dan lain-lain," ujar Foiman. 

Foiman menambahkan bahwa agar para peserta untuk selalu menjaga kesehatan, serta meminta restu doa dari orang tua. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.