Sukses

Pesan Persatuan Menggema pada Momen Salat Idul Fitri di Masjid Raya Al-Mashun Medan

Ribuan masyarakat tampak ramai memadati areal Masjid Raya Al-Mashun, Jalan Sisingamangaraja, Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut) pada Sabtu, 22 April 2023. Kedatangan mereka untuk melaksanakan Salat Idul Fitri 1444 Hijriah.

Liputan6.com, Medan Ribuan masyarakat tampak ramai memadati areal Masjid Raya Al-Mashun, Jalan Sisingamangaraja, Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut) pada Sabtu, 22 April 2023. Kedatangan mereka untuk melaksanakan Salat Idul Fitri 1444 Hijriah.

Ustaz Ardiansyah, sekaligus pemimpin khutbah dan imam, Salat Idul Fitri di Masjid Raya Al-Mashun, menyampaikan, sebagai umat Islam dan bangsa Indonesia, tentu semuanya berketuhanan yang maha esa, satu bahasa, satu tanah air.

"Dalam Islam tidak melarang untuk hidup berbeda, berkelompok. Dilarang adalah bermusuhan. Seperti yang dikatakan Allah SWT. Jangan kamu bercerai berai, berselisih dalam tujuan. Perbedaan atau keragaman yang diberikan kepada kita adalah sebuah anugerah dari Tuhan," katanya.

Ardiansyah, yang merupakan mantan Sekretaris Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumut tersebut. mengajak seluruh umat Islam agar berlomba-lomba berbuat kebaikan. Karena sebaik-baiknya manusia, pasti banyak manfaatnya bagi diri sendiri, orang sekitar, dan orang lain.

"Saya mengajak kita semua untuk terus berbuat kebaikan, menjaga persatuan, persaudaraan, saling menghormati, dan menjauhkan permusuhan," ucapnya di hadapan ribuan jemaah.

Disampaikannya lagi, Allah berpesan melalui Lebaran Idul Fitri, hendaklah semua umat Islam senantiasa memahami betapa Allah telah melimpahkan hikmatnya.

"Mari jadikan Idul Fitri sebagai pemimpin jiwa dan raga dengan merajut silaturahim, menjaga persatuan dan persaudaraan," tambah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Saling Menghargai

Seripaduka Baginda Tuanku Sultan Mahmud Aria Lamantjiji Perkasa Alam Shah, yang turut hadir, juga menyampaikan pentingnya menghargai perbedaan, termasuk saat adanya perayaan Lebaran Idul Fitri, yang waktunya tidak sama.

"Kemarin kan, hari Jumat, saudara kita Muhammadiyah merayakan Idul Fitri, saya berharap kita menghargainya. Itu pesan saya," kata Sultan Deli usai Salat Idul Fitri di Masjid Raya Al-Mashun.

3 dari 3 halaman

Sumut Bermartabat

Sultan Deli kemudian menyampaikan pesan agar Sumut bermartabat, semakin religius dan nasional. Begitu juga dengan masyarakat di lingkungan kesultanan agar lebih beragama, berakhlak, punya budi pekerti yang baik dan cerdas.

"Saya berharap kontribusi Kesultanan Deli ke daerah ini dapat melakukan pendidikan adat, tata krama kepada masyarakat. Itu yang utama, di samping membantu Pemerintah Sumut dan Kota Medan," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini