Sukses

Pasar Tradisional Tatelu Minahasa Utara Ludes Terbakar, Kerugian Capai Rp1 Miliar

Henry, warga setempat, mengatakan bahwa kebakaran salah satu pasar tradisional terbesar di Minahasa Utara itu terjadi pada pukul 22.00 Wita, diduga akibat hubungan arus pendek.

Liputan6.com, MInahasa Utara - Pasar Tradisional Tatelu yang terletak di Kecamatan Dimembe, Kabupaten Minahasa Utara, Sulut, Senin (3/4/2023) malam, ludes terbakar. Kerugian ditaksir mencapai Rp1 miliar.

Henry, warga setempat, mengatakan bahwa kebakaran salah satu pasar tradisional terbesar di Minahasa Utara itu terjadi pada pukul 22.00 Wita. diduga akibat hubungan arus pendek.

"Saya bergegas datang ke lokasi kejadian karena mendengar kabar ada kebakaran di pasar, tiba sekitar pukul 22.30 Wita," ujarnya.

Saat tiba di lokasi, dia melihat api sudah membakar 80 persen bagian pasar. Sekitar 10 menit kemudian, datang petugas Pemadam Kebakaran Kabupaten Minahasa Utara.

"Beberapa kali terdengar letupan tabung gas LPG, sehingga mempercepat kobaran api," ujarnya.

Kapolsek Dimembe Iptu Fadhly Alamri saat dikonfirmasi mengatakan, saat terjadi kebakaran, pasar itu dalam kondisi sepi. Api diduga berasal dari kios yang menjual makanan, kemudian menyebar ke kios dan lapak lainnya.

"Setelah ditelusuri, saat itu warga melihat api berasal dari bangunan kios Opa Kay. Warga langsung berusaha memadamkan api dengan alat seadanya, kemudian datang 3 mobil pemadam kebakaran," ungkap Alamri.

Dia menambahkan, pada saat kebakaran sempat terjadi kepanikan, dan terdengar suara warga minta pertolongan, tetapi tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Kebakaran berhasil dipadamkan pada pukul 03.30 Wita.

Dia mengatakan, berdasarkan data yang ada, kebakaran ini menghanguskan 62 kios kecil, 100 lapak dan 1 toko besar, yang barang-barang elektronik. Kerugian diperkirakan mencapai Rp1 miliar.

 

Simak juga video pilihan berikut: 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.