Sukses

Viral Istri Sekda Riau Pamer Harta di Media Sosial

Istri Sekda Riau SF Hariyanto diterpa isu flexing atau pamer kekayaan di media sosial dan saat ini ramai diperbincangkan netizen.

Liputan6.com, Pekanbaru - Istri dan anak pejabat di Indonesia flexing atau pamer kekayaan memang ramai menghiasi media sosial dan pemberitaan dalam beberapa pekan terakhir. Di Riau, pejabat pamer kekayaan berembus kepada Sekretaris Daerah Riau SF Hariyanto.

Pamer kekayaan ini diduga dilakukan istri SF Hariyanto. Unggahan istri pejabat pamer kekayaan ini ramai pada akhir pekan lalu, persisnya setelah pegawai negeri sipil nomor satu di Bumi Lancang Kuning itu mengimbau jajarannya tak pamer kekayaan di media sosial.

"Piye sih ini ? Suaminya mengingatkan pejabat lain agar tidak hidup mewah, tapi istrinya malah pamer Brompton dan liburan keliling dunia," begitu caption dari akun @PartaiSocmed.

Unggahan ini kemudian diteruskan oleh ratusan warga Twitter lainnya. Unggahan ini melampirkan sejumlah foto istri SF Hariyanto, Adrias Hariyanto, tengah memamerkan sepeda Brompton.

Tak hanya satu, ada sejumlah postingan Adrias di akun Instagram @yashariyanto menggunakan sepeda yang ditaksir berharga selangit itu. Postingan bersepeda itu dilakukan dengan latar lokasi berbeda pula.

Ada pula postingan Adrias yang sedang duduk santai di kapal dengan latar pemandangan laut. Diduga, foto itu diambil di atas kapal saat Adrias berlibur ke luar negeri.

Postingan di atas kapal itu lengkap sepatu dan tas sebuah merek yang terbilang mahal bagi kalangan biasa. Postingan itu lengkap sepatu yang disebut warganet harganya selangit.

 

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Luar Negeri

Tak cukup di situ, ada juga postingan Adrias dengan latar bangunan-bangunan tua di luar negeri. Outfit Adrias menjadi perhatian karena dinilai punya harga tak biasa.

Beberapa postingan Adrias di lorong hotel juga menjadi sorotan. Selain pakaian, tas yang digunakan oleh istri sang pejabat juga punya harga tak membumi.

Selain itu, ada pula postingan di restoran milik Salt Bae. Memang dalam postingan itu tidak nampak wajah Adrias karena hanya mengunggah sejumlah bule lagi makan.

Akun Instagram Adrias sendiri tidak bisa lagi diakses semua kalangan. Pemilik akun menerapkan privasi sehingga untuk melihatnya harus mendapat persetujuan atau berteman lebih dahulu.

Tak hanya itu, dalam akun bersifat privat itu tidak banyak lagi postingan. Diduga pemilik akun telah menghapus agar tidak menjadi perdebatan atau memancing komentar netizen.

Meskipun dikunci, akun Twitter @PartaiSocmed sudah memposting sejumlah foto istri Sekretaris Daerah Provinsi Riau itu. Mulai dari postingan menggandeng tas merek Hermes dan sejumlah tas yang termasuk barang mewah.

 

3 dari 4 halaman

SF Hariyanto : Itu Barang KW

Usai viral di media sosial, SF Hariyanto memberikan klarifikasi selang sehari kemudian. Mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Riau itu menyatakan tidak semua narasi foto di media sosial itu sepenuhnya benar.

"Saya pikir ini perlu diluruskan agar tidak menjadi informasi yang tidak benar di tengah-tengah masyarakat," kata SF Hariyanto kepada sejumlah wartawan sambil menunjukkan sejumlah barang yang diposting oleh istrinya.

SF Hariyanto menjelaskan, sebagian foto yang beredar di media sosial adalah unggahan lama antara tahun 2017 hingga 2019. Pada tahun itu, dia menyebut belum menjabat sebagai Sekretaris Daerah Riau.

"Saat itu saya masih bertugas di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia," jelasnya.

Terkait tas yang disebut berharga ratusan juta, SF Hariyanto menyatakan itu tidak benar. Dia menyebut sejumlah tas yang dipakai istrinya merupakan barang KW dengan harga Rp2,5 juta.

"Itu tokonya masih ada, silakan di kroscek kalau ingin melihatnya," katanya.

 

4 dari 4 halaman

Sebut Tak Hedonis

Di sisi lain, SF Hariyanto tak menampik istrinya pernah ke luar negeri. Menurutnya, perjalanan ke luar negeri bukan lambang hedonis istri pejabat seperti yang dihebohkan oleh media sosial.

SF menyebut perjalanan istrinya ke luar negeri tidak memakan biaya besar dan patungan bersama dengan teman-teman. Dia menjelaskan, perjalanan itu memakan biaya Rp14 juta untuk 7 hari dan menginap di apartemen biasa.

"Menggunakan transportasi umum selama di sana, jadi tidaklah bermewah-mewahan seperti yang diinfokan tersebut," jelasnya.

Terkait postingan istrinya di restoran milik salah satu chef terkenal di dunia, SF Hariyanto memaparkan istrinya hanya menumpang berfoto.

SF menjelaskan, kondisi istrinya saat ini tidak fit karena baru operasi tulang punggung. Dengan demikian, SF Hariyanto menyatakan tidak mungkin istrinya melakukan kegiatan hedonis.

"Tentunya (istri) sangat terpukul mendapat informasi yang tidak mendasar tersebut," ujar SF Hariyanto.

Dia pun meminta masyarakat bijak terhadap informasi yang beredar di media sosial. Masyarakat diminta melakukan kroscek dan jangan sampaikan merugikan orang lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini