Sukses

5 Ide Menu Sahur Pertama yang Menggugah Selera

Tak hanya soal rasa, menu sahur sebaiknya juga mengandung nutrisi yang baik.

Liputan6.com, Yogyakarta - Tak terasa, sebentar lagi masyarakat muslim akan menjalankan ibadah puasa Ramadan. Salah satu hal yang harus dipersiapkan adalah memilih menu sahur yang menggugah selera.

Biasanya, menu sahur pertama akan menjadi sesuatu yang krusial. Pasalnya, tubuh belum terbiasa untuk menyantap makanan di jam seawal itu.

Tak hanya soal rasa, menu sahur sebaiknya juga mengandung nutrisi yang baik. Berikut ide menu sahur pertama yang bisa kamu coba:

1. Ayam kemangi

Ayam goreng masuk ke dalam daftar menu yang disukai banyak orang. Agar makin spesial, kamu bisa menambahkan cita rasa kemangi yang segar ke dalam olahan ayam goreng.

Agar pengolahan menu sahur lebih praktis, kamu bisa mengungkep ayam terlebih dahulu di sore atau malam hari. Kemudian saat akan menyanyapnya sebagai makanan sahur, kamu tinggal menggorengnya saja. Kamu juga bisa memadukan ayam goreng kemangi dengan sajian sayuran, seperti aneka tumis atau sayur sop agar kebutuhan serat tetap terpenuhi.

2. Lumpia isi gado-gado

Menyantap gado-gado saat sahur juga menjadi ide yang unik. Namun, agar tak bosan, kamu bisa berkreasi dengan membuat lumpia isi gado-gado.

Karena berbentuk seperti lumpia, sehingga makanan ini akan lebih praktis saat disantap. Dalam seporsi gado-gado, terdapat mentimun, taoge, kol, kacang panjang, serta telur rebus yang kaya serat. Kamu juga bisa mendapatkan protein dari telur rebus, vitamin B dari taoge, dan folat dari kacang panjang.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sup Bola Ayam

3. Sup bola ayam

Makanan berkuah yang lezat dan hangat akan membantu meningkatkan selera makan saat sahur di hari pertama. Agar lebih istimewa, kamu bisa berkreasi dengan membuat sup bola ayam.

Kamu bisa mempersiapkan bola-bola ayam tersebut sehari sebelumnya, sehingga saat jam sahur kamu hanya perlu mengolahnya menjadi sup. Sajian ini mengandung protein yang didapat dari ayam. Selain itu, kamu juga akan mendapat asurap serat yang cukup dari sayur-sayuran pada sup.

4. Tumis cuciwis

Tumis cuciwis juga bisa menjadi salah satu menu sahur selain tumis buncis. Jika biasanya kamu mengolah taoge, kangkung, dan bayam untuk ditumis, tak ada salahnya jika kanu mencoba sayuran lain, yakni cuciwis.

Cuciwis mengandung asam folat yang tak kalah banyak dari brokoli dan bayam. Sayuran ini memiliki tekstur yang renyah, sehingga cocok diolah dengan cara ditumis. Kamu juga bisa menambahkan daging ayam untuk memberikan rasa yang lebih menggugah selera.

5. Tumis buncis daging cincang

Tumis buncis yang dipadukan dengan daging cincang juga bisa menjadi pilihan menu sahur. Sayuran yang kaya serat dan protein ini bisa menjadi tambahan energi selama berpuasa seharian.

Dengan menambahkan daging sapi cincang, tentu saja akan menambah kelezatan rasanya. Sebaiknya, persiapkan daging satu hari sebelumnya, sehingga kamu hanya perlu sedikit waktu untuk mengolahnya bersama buncis sebagai hidangan sahur.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.