Sukses

Wajib Tahu, Kenali Tanda hingga Bahaya 'Love Bombing'

'Love bombing' sendiri adalah kondisi ketika seseorang memberi perhatian kepada pasangan secara berlebihan.

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki pasangan romantis menjadi salah satu impian semua orang. Perhatian dan kasih sayang yang diberikan seakan menjadi lebih dihargai pasangan.

Namun demikian, kamu tetap harus waspada jika pasangan terus menerus melakukan hal romantis bahkan berlebihan sedari awal. Bisa saja itu menjadi tanda kamu sedang mendapatkan love bombing.

Diketahui, love bombing sendiri adalah kondisi dimana ketika seseorang memberi perhatian kepada pasangan. Dengan rasa kagum hingga kasih sayang berlebihan.

Bahkan ekstrem yang tujuannya dalah memanipulasi hubungan yang sedang kalian jalani. Lalu apa bahaya Love Bombing?

Love bombing biasanya terjadi di awal ketika sebuah hubungan dijalani. Ketika kalian sedang mengenal satu sama lain, kamu mungkin akan menganggap orang ini menawan dan sangat perhatian. 

Orang yang melakukan love bombing biasanya akan memuji kamu secara berlebihan. Memberi tahu bahwa pasangan tergila-gila denganmu. 

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan secara empiris, peneliti mengungkapkan bahwa mereka menemukan korelasi antara love bombing dan narsisme.

Keterikatan yang tidak aman, dan harga diri rendah pada generasi milenial. Generasi milenial ini memberikan komunikasi yang berlebih di awal hubungan romantis untuk kemudian mereka mendapatkan kekuasaan dan kendali atas minat cinta mereka.

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tanda Love Bombing

Love bombing adalah sebuah tindakan dalam hubungan yang sebaiknya kamu hindari. Karena pasangan yang memberikan perhatian, kasih sayang, dan rasa ketertarikan yang berlebihan itu hanya bertujuan untuk melakukan manipulasi. 

Mereka yang melakukan itu tidak akan ragu untuk mengontrol tindakan atau sikap yang kamu lakukan. Tanda awal love bombing yang bisa kamu identifikasi adalah ketika kamu dan pasangan mengalami masalah dalam hubungan. 

Pasangan mungkin akan terus menerus meminta maaf dan membujuk kamu dengan berbagai cara. Misal memberikan hadiah untuk kembali menarik perhatian kamu. 

Dengan begitu, love bombers juga akan membuat kamu merasa bersalah atas sikap yang ditunjukkan. Jika itu terus dijalani, maka akan membuatmu terjebak dalam hubungan yang tidak sehat. 

Hal ini juga akan mengganggu kesehatan jiwa kamu, seperti stres dan depresi.

Berikut adalah tanda tanda love bombing yang bisa kamu kenali:

1. Memberikan Banyak Hadiah

Diberikan hadiah oleh pasangan tentu adalah hal yang membahagiakan. Namun, akan berbeda jika pasanganmu memberikan hadiah terus menerus, waspadai itu adalah love bombing.

Jika ia memberikan kamu hadiah secara berlebihan, seperti misalnya karangan bunga yang sangat besar secara rutin hingga tiket liburan, maka pasangan kamu adalah love bombers.

Biasanya, pasangan tidak akan menerima penolakan dari kamu sehingga kamu harus terus menerus menerima hadiah yang diberikan. Hal ini dilakukan untuk memanipulasi kamu agar merasa berhutang perasaan sehingga pasangan akan lebih mudah untuk mengendalikan dan mengontrol kegiatan kamu.

2. Terus Menelepon atau Mengirimkan Pesan Singkat

Bagi para love bombers, mereka memiliki kebiasaan menelpon yang terus menerus. Mreka juga kerap kali mengirimkan pesan singkat untuk mengetahui apa saja yang kamu lakukan secara mendetail.

Hal ini juga patut kamu wasapadai karena jika dilakukan terus menerus ini akan memicu stress hingga gangguan kecemasan.

3. Tidak Mau Berbagi Perhatian

Saat love bombers merasa perhatian kamu terbagi dengan yang hal atau yang lain, mereka akan mudah sekali marah. 

Mereka akan menunjukkan sikap yang tidak menyenangkan, bahkan ketika kamu menerima telepon orang lain saat sedang bersamanya.

Dia juga akan melarang kamu untuk pergi di tengah kegiatan yang sedang kalian lakukan bersama.

4. Tidak Menyukai Batasan

Jika kamu berada di hubungan yang sehat, pasanganmu akan menghargai batasan yang dibentuk bersama pasangan.

Berbeda jika pasanganmu adalah love bombers, mereka tidak akan menyukai batasan-batasan pribadi yang dibuat.

Mereka akan terus mengusahakan segala cara untuk mengontrol dan memanipulasi kamu shingga kamu dan psangan tidak memiliki batasan sama sekali.

Jangan ragu mendiskusikan hal yang tidak membuat kamu nyaman dengan orang yang kamu percayai juga, ya. 

Terutama jika hubungan yang kamu dan pasanganmu jalani menyebabkan kamu lebih mengalami kesedihan atau ketakutan, bukan kebahagiaan.

Penulis: Nila Amalia Putri

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.