Sukses

Banjir Rendam Solo, Wali Kota Gibran Singgung Air Limpahan dari Wonogiri

Banjir melanda Solo usai hujan deras dalam waktu lama mengguyur wilayah itu, sebanyak 15 kelurahan terdampak banjir.

Liputan6.com, Surakarta - Banjir melanda Solo usai hujan deras dalam waktu lama mengguyur wilayah itu, sebanyak 15 kelurahan terdampak banjir. Terkait hal itu, Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mengatakan, warga yang terdampak banjir dievakuasi dan mendapatkan lokasi pengungsian di tempat yang layak.

"Yang jelas sekolah dan kelurahan kami gunakan untuk pengungsian," kata Gibran usai Upacara Hari Jadi ke-278 Kota Solo di Solo Safari, Jumat (17/2/2023).

Terkait dengan warga terdampak banjir yang sempat mengungsi di pinggir jalan, Gibran mengatakan, hal itu karena sempat belum mendapatkan tempat untuk mengungsi.

"Tidak ada warga yang sakit atau mengalami kesusahan atau kesulitan selama masa bencana," katanya lagi.

Sementara itu, terkait dengan banjir hingga saat ini masih terjadi di beberapa titik. Ia mengatakan masih terus memantau kondisi banjir, termasuk limpahan air dari Waduk Gajah Mungkur dari Kabupaten Wonogiri.

"Habis ini saya langsung muter ke beberapa lokasi. Yang jelas kami pastikan makanan dan obat-obatan tersedia. Mudah-mudahan siang ini surut," katanya.

Ia juga berupaya memastikan seluruh pompa air nyala sehingga air yang menggenangi pemukiman dapat segera surut.

"Saya sudah komplain ke BBWS (Balai Besar Wilayah Sungai), ini nanti ditindaklanjuti. Yang jelas kalau misalnya dapat limpahan air dari Wonogiri hendaknya koordinasi. Kami antisipasi lagi," katanya. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prakiraan Cuaca Kota Solo

Ancaman banjir masih membayangi warga Kota Solo, terutama yang berada di daerah rawan bencana. Informasi yang dikutip dari laman Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, hujan diprakirakan masih akan turun di sejumlah wilayah Kota Solo, hari ini Jumat (17/2023). Kota Solo hari ini diprakirakan masih akan turun hujan ringan hingga lebat, mulai siang hingga malam hari.

Berikut informasi lengkapnya:

  • Pukul 07.00 WIB cuaca berawan dengan suhu udara 26 derajat Celcius dan kelembapan udara 80 persen. Kecepatan angin 10 km/ jam dari arah barat.
  • Pukul 10.00 WIB cuaca berawan dengan suhu udara 29 derajat Celcius dan kelembapan udara 75 persen. Kecepatan angin 20 km/ jam dari arah barat.
  • Pukul 13.00 WIB cuaca hujan lebat dengan suhu udara 32 derajat Celcius dan kelembapan udara 65 persen. Kecepatan angin 20 km/ jam dari arah barat.
  • Pukul 16.00 WIB cuaca hujan sedang dengan suhu udara 29 derajat Celcius dan kelembapan udara 75 persen. Kecepatan angin 10 km/ jam dari arah barat.
  • Pukul 19.00 WIB cuaca hujan ringan dengan suhu udara 26 derajat Celcius dan kelembapan udara 75 persen. Kecepatan angin 10 km/ jam dari arah barat.
  • Pukul 22.00 WIB cuaca berawan dengan suhu udara 25 derajat Celcius dan kelembapan udara 85 persen. Kecepatan angin 10 km/ jam dari arah barat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.