Sukses

Kunjungi Pasar Tradisional di Medan, Jokowi: Harga Bahan Pokok Stabil

Usai mengunjungi Pasar Bakti Medan, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengunjungi Pasar Halat. Di pasar yang terletak di Jalan Halat ini, Jokowi mengecek beberapa harga bahan pokok seperti telur, bawang merah, dan beras.

Liputan6.com, Medan Usai mengunjungi Pasar Bakti Medan, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengunjungi Pasar Halat. Di pasar yang terletak di Jalan Halat ini, Jokowi mengecek beberapa harga bahan pokok seperti telur, bawang merah, dan beras.

"Harga bahan pokok di kedua pasar yang dikunjungi stabil," kata Jokowi, yang blusukan bersama Ibu Negara, Iriana, Kamis (9/2/2023).

Dikatakan Jokowi, stok bahan pokok seperti telur dalam kondisi baik. Sedangkan bawang merah harganya sudah Rp 40.000-an. Kemudian cabai juga dalam kondisi baik.

"Beras ini operasi pasar tadi kita cek di beberapa warung sudah terima beras dari Bulog 5 kilogram harga Rp 49 ribu, artinya harga dijual nanti di bawah Rp 10 ribu," ucapnya.

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengamanan Polisi

Saat blusukan Jokowi beserta rombongan ke Pasar Halat, Kecamatan Medan Kota, Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, memimpin langsung pengamanan untuk mengantisipasi terjadinya gangguan.

Setibanya di Pasar Halat Medan, Jokowi beserta rombongan langsung menyambangi pedagang. Kedatangan Jokowi disambut antusias para pedagang.

Bahkan, para pedagang juga mendapat kesempatan berfoto bersama Jokowi di sela-sela kunjungan ke Pasar Halat, sembari memberikan bantuan sosial (bansos) yang telah disiapkan."

"Alhamdulillah, kunjungan Presiden Jokowi di Pasar Halat ini berjalan cukup aman. Semua personel TNI/Polri dikerahkan untuk melaksanakan pengamanan," ujar Panca.

3 dari 4 halaman

Blusukan ke Pasar Bakti

Sebelumnya, Jokowi blusukan ke Pasar Bakti, Kecamatan Medan Area, Kota Medan. Blusukan dilakukan usai menghadiri puncak acara Hari Pers Nasional (HPN) 2023 di Gedung Serbaguna Pancing, Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut).

Begitu tiba di Pasar Bakti, beserta rombongan langsung disambut teriakan masyarakat. "Pak Jokowi, Pak Jokowi, Pak Jokowi," teriak masyarakat yang antusias menyambut kehadiran Jokowi.

Tampak Jokowi mengenakan kemeja putih turun dari mobil langsung menyapa masyarakat dengan melambaikan tangan. Selanjutnya Jokowi menghampiri para pedagang di Pasar Bakti.

Dalam kunjungan tersebut, Jokowi juga membagikan sembako kepada masyarakat dan berkeliling pasar untuk menyapa para pedagang. Jokowi mengatakan, pemerintah terus mengontrol inflasi, salah satunya bahan pokok.

"Tadi saya membagikan sembako. Nah, kepala daerah tidak hanya mengurus makro, tapi juga mikronya di kontrol. Kita cek untuk menurunkan inflasi," sebut Jokowi usai kunjungan ke Pasar Bakti.

Menurutnya, jika setiap daerah inflasinya bagus, diberi insentif dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu), "Seingat saya Rp 15 miliar," sebutnya.

4 dari 4 halaman

Bantu Pedagang dan Cek Harga

Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, yang turut mendampingi Jokowi meninjau sejumlah pasar tradisional di Kota Medan, mengatakan, kunjungan ini bertujuan untuk membantu pedagang, sekaligus mengecek kestabilan harga bahan pokok di pasar-pasar tradisonal.

Menurut Edy Rahmayadi, pasar tradisional berkontribusi besar untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia, khususnya Sumut.

"Salah satu pendorong perekonomian kita adalah pasar tradisional, dan UMKM, jadi kita akan terus dorong untuk menumbuhkan sektor ini," sebut Edy Rahmayadi usai mengunjungi Pasar Halat.

Kunjungan Jokowi ke pasar tradisional di Kota Medan, menurut Edy Rahmayadi, salah satu bentuk perhatian pemerintah mendukung ekonomi kerakyatan. Dia berharap perhatian seperti ini tetapi dilakukan pemerintah pusat.

"Ini salah satu bentuk kepedulian Presiden kepada pasar tradisional, beliau datang, mengecek langsung kestabilan harga bahan pokok dan memberikan bantuan, mudah-mudahan ini mendorong pedagang-pedagang dan UMKM kita untuk terus berkembang," Edy Rahmayadi menandaskan.

Ikut mendampingi Jokowi kunjungan ke pasar, antara lain, Menteri BUMN, Erick Thohir, dan Menteri Sekertariat Negara, Pratikno. Hadir juga Ketua TP PKK Sumut, Nawal Lubis, dan Ketua TP PKK Medan, Kahiyang Ayu Bobby Nasution.

Setelah mengunjungi Pasar Halat dan Bakti, Jokowi beserta rombongan bergerak untuk meresmikan Terminal A Amplas. Berikutnya, Jokowi dijadwalkan akan melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Aceh, Jumat, 10 Februari 2023, dan kembali ke Kota Medan di hari yang sama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.