Sukses

Jelang Nataru, Bagaimana Pasokan BBM dan Elpiji di Jawa Barat?

Proses penyaluran energi berjalan dengan aman dan seluruh kebutuhan energi masyarakat terpenuhi dengan baik

Liputan6.com, Cirebon - Sejumlah persiapan dilakukan menyambut libur Natal dan Tahun Baru 2022. Salah satunya ketersediaan BBM dan gas jelang libur Nataru 2022.

Dalam persiapan tersebut, PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat memastikan stok BBM dan gas aman. Dia memastikan proses penyaluran energi berjalan dengan aman dan seluruh kebutuhan energi masyarakat terpenuhi dengan baik.

Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Waljiyanto menyampaikan bahwa stok seluruh produk BBM berada diatas 15 hari. Sedangkan untuk LPG dan Avtur diatas 10 hari. 

"Proses distribusi juga terus dipantau melalui dashboard digitalisasi SPBU dan untuk menjamin hal tersebut, kami mengaktifkan kembali satuan tugas Natal dan Tahun Baru (Satgas Nataru) mulai 15 Desember 2022 sampai dengan 8 Januari 2023 untuk memastikan seluruh kebutuhan energi masyarakat terpenuhi dengan baik,” jelas Waljiyanto, Sabtu (18/12/2022).

Walji mengaku telah menghitung proyeksi peningkatan konsumsi energi di masyarakat selama masa libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. 

Untuk BBM Jenis Gasoline diprediksi terdapat kenaikan 2,8 persen dan Gasoil turun 1,8 persen. Sementara untuk konsumsi LPG naik 3 persen dari kondisi normal, dan Avtur juga naik 3 persen 

"Kami sudah lakukan beberapa antisipasi dengan 5 terminal BBM, 5 terminal LPG, 5 Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU), lebih dari 1600 SPBU, serta seluruh rantai distribusi LPG mulai dari Stasiun Pengisian Bahan Bakar Elpiji (SPBBE) hingga agen dan pangkalan LPG baik yang subsidi maupun nonsubsidi telah disiapkan untuk memenuhi kebutuhan energi masyarakat," katanya.

 

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Layanan

Dia menyebutkan, telah menyiapkan 72 motoris atau armada Pertamina Delivery service (PDS) di 62 titik SPBU kantong. Kemudian 2 rumah Pertamina Siaga, 14 unit SPBU modular, 4 Mini Klinik di Rest Area dan Posko Terpadu. 

Lebih dari 47.495 ribu agen dan pangkalan LPG siaga. Kemudian, layanan di 5 DPPU juga akan terus siaga memenuhi kebutuhan Avtur bagi seluruh maskapai penerbangan.

"Untuk mengantisipasi peningkatan konsumsi masyarakat, Pertamina Patra Niaga telah menyiapkan seluruh fasilitas untuk beroperasi dengan maksimal," katanya.

Selain yang beroperasi reguler, layanan tambahan juga telah disiapkan sebagai antisipasi terutama di jalur-jalur dan wilayah dengan proyeksi peningkatan konsumsi tertinggi.

Seperti wilayah yang merayakan Natal, wilayah yang merayakan tahun baru, tempat wisata dan jalur lintas utama.

“Dengan seluruh antisipasi ini, kami himbau masyarakat tidak perlu khawatir, Pertamina Patra Niaga tetap siaga melayani kebutuhan energi masyarakat agar tetap terpenuhi dengan baik dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan dan kenyamanan masyarakat,” ujar Waljiyanto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.