Sukses

Imbauan Pemprov Sumut ke Distributor Jelang Nataru, Prioritaskan Pasokan ke Pasar Lokal

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) mengimbau distributor bahan kebutuhan pokok untuk memprioritaskan pasokan barang ke pasar lokal. Tujuannya agar tidak terjadi kelangkaan dan lonjakan harga jelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Liputan6.com, Medan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) mengimbau distributor bahan kebutuhan pokok untuk memprioritaskan pasokan barang ke pasar lokal. Tujuannya agar tidak terjadi kelangkaan dan lonjakan harga jelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Imbauan disampaikan Kepala Dinas Perindustiran dan Perdagangan (Disperindag) Sumut, Aspan Sofian, usai memimpin rapat hasil inspeksi mendadak (sidak) dan monitoring harga dan stok bahan pokok di beberapa pasar Kota Medan dan sekitarnya, di Aula Kantor Disperindag Sumut, Jalan Putri Hijau, Kota Medan, Kamis, 15 Desember 2022.

"Kepada teman-teman distributor atau pedagang besar untuk memprioritaskan dan memperbanyak penyaluran barang ke pasar lokal, baru memenuhi permintaan di luar Sumut," kata Aspan Sofian.

Pemprov Sumut melalui Desperindag juga akan memanggil dan berdiskusi dengan distributor. Harapan, dapat memperbanyak jalur distribusi ke pasar-pasar lokal, sehingga distribusi bahan kebutuhan pokok lebih cepat sampai ke masyarakat.

Disebutkan Aspan Sofian, hasil sidak dan monitoring harga serta stok bahan pokok di beberapa pasar di Medan dan sekitarnya, stok sejumlah bahan kebutuhan pokok terpantau masih aman hingga Natal dan Tahun Baru.

"Begitu juga tentang harga barang, masih relatif terkendali, meski ada beberapa komoditas yang harganya cenderung naik," sebutnya.

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perbaiki Jalur Distribusi Barang

Kepala Biro Prekonomian Setdaprov Sumut, Naslindo Sirait mengatakan, untuk mencukupi kebutuhan komoditas pangan menjelang Nataru, Pemprov Sumut terus berupaya memperbaiki jalur distribusi barang, sehingga komoditas yang dihasilkan tidak banyak ke luar Sumut.

Para pedagang besar juga diminta untuk memiliki tanggung jawab sosial kepada masyarakat Sumut, dalam hal pemenuhan pasar lokal sebelum diperdagangkan ke luar Sumut.

"Haruslah yang pertama menerima manfaat warga Sumut, dengan jumlah yang cukup dan harga terjangkau," ucapnya.

Untuk antisipasi lonjakan harga, BUMD juga akan dilibatkan melakukan operasi pasar. Saat ini Pemprov Sumut telah melakukan operasi pasar di 18 titik, diantaranya Kota Medan, Pematang Siantar, Sibolga, Tapanuli Utara, Karo, dan Samosir.

"Kita (Pemprov Sumut) dan dukungan 33 kabupaten/kota, mulai 15 hingga 29 Desember 2022 melakukan operasi pasar. Kalau memungkinkan, juga akan buat hingga awal Januari 2023," sebutnya.

3 dari 3 halaman

Masyarakat Diminta Belanja Secara Bijak

Naslindo juga berharap masyarakat bisa belanja bahan pokok secara bijak dan tidak berlebihan. Karena hal tersebut juga bisa menyebabkan inflasi, sehingga akan membuat harga semakin naik.

"Belanja secukupnya, tidak perlu berlebihan, yakinlah pemerintah pasti dan mampu mengendalikan ini, tidak perlu ada yang dikhawatirkan," tandasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.