Sukses

Bingung Pilih Menu, Ini 6 Kuliner Legendaris Tawangmangu

Tidak hanya memiliki beragam destinasi wisata, Tawangmangu juga kaya destinasi kuliner yang legendaris

Liputan6.com, Karanganyar - Kawasan Tawangmangu, Jawa Tengah (Jateng) dikenal memiliki beragam destinasi wisata alam yang menarik untuk dikunjungi, terlebih saat akhir pekan tiba. Para wisatawan akan disambut udara khas kawasan pegunungan yang segar dan sejuk.

Namun, tidak hanya memiliki beragam destinasi wisata, tempat ini juga kaya destinasi kuliner yang legendaris. Dikutip dari berbagai sumber, berikut sederet kuliner legendaris Tawangmangu.

1. Sate Kelinci

Sate kelinci menjadi salah satu kuliner Tawangmangu. Tidak lengkap rasanya jika tak mencicipi olahan kelinci yang satu ini saat mengunjungi Tawangmangu.

Salah satu warung sate kelinci incara para wisatawan ialah Sate Kelinci Pak Temon. Warung Sate Kelinci Pak Temon berada di Jalan Lawu Nomor 16, Nano, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah.

Sate kelinci ala Pak Temon ini dikenal memiliki cita rasa yang lezat. Daging kelinci diolah hingga empuk dan tidak bau sama sekali.

Seporsi sate kelinci di warung ini dibanderol mulai dari Rp20.000 untuk 10 tusuknya. Sate Kelinci Pak Temon di tempat wisata Jawa Tengah ini buka setiap hari mulai pukul 08.30 hingga 21.00 WIB, setiap harinya.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sop Buntut Bu Ugi

2. Sop Buntut Bu Ugi

Warung makan dikawasan wisata Tawangmangu ini cukup populer di kawasan wisatawan. Sop Buntut Bu Ugi memang cocok disantap di tengah hawa dingin pegunungan.

Banyak wisatawan yang ketagihan menyantap segarnya sop istimewa ini. Sop Iga Bu Ugi merupakan kuliner legendaris di Tawangmangu.

Warung Sop Buntut Bu Ugi ini sudah ada sejak 1980-an. Per porsi sop iga diharga sebesar Rp 40.000.

Dalam seporsi sop buntut tersaji kuah bening dengan buntut beserta daging yang menempel, wortel, bawang goreng dan daun seledri segar. Kulier khas Tawangmangu ini sangat cocok disantap dengan sambal pedas, dan tetesan jeruk nipis.

Sop Buntut Bu Ugi ini beralaman di Jalan Raya Tawangmangu, Kramat, Kalisoro, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah. Buka setiap hari mulai pukul 05.00 sampai 19.00 WIB.

3. Sego Gablok

Nasi gablok merupakan nasi uduk yang dimasak kembali dengan cara dikukus dan dibungkus daun pisang. Isinya, daging ayam, telur, dan santan yang sudah dibumbui (gadon).

Tak hanya gadon, nasi gablok ini juga enak dinikmati dengan bongko, sejenis pepes dari kacang tunggak/tolo.Seporsi nasi gablok dibanderol dengan harga Rp6.000.

Makanan ini disajikan dalam kondisi hangat, sehingga sangat cocok dinikmati di tengah hawa dingin Tawangmangu. Penjual sego gablok dapat dengan mudah ditemukan di tepi jalan kawasan wisata Tawangmangu.

 

3 dari 3 halaman

Sate Landak

4. Sate Landak

Selain kuliner sate kelinci, Tawangmangu juga terkanl dengan olahan sate landak. Meski cukup esktrem bagi sebagian orang, kuliner ini laris diburu di kawasan wisata Tawangmangu.

Bagi wisatawan yang penasaran dengan kuliner yang satu ini dapat mengujungi salah satu tempat makan legendaris warung Bapak Sukatno yang berada di jalan Matesih-Tawangmangu Km. 2. Satu porsi sate landak berisi 10 tusuk dijual dengan hargamulai dari Rp 20.000.

Satu porsi sate landak ini, biasanya disajikan dengan tambahan lontong atau ketupat, sambal kacang, irisan bawang merahm kol, timun, dan cabai.

5. Letho

Lentho merupakan salah satu oleh-oleh khas Tawangmangu berupa gorengan yang terbuat dari parutan singkong, kelapa, kacang tholo, dan berbagai jenis rempah. Makanan yang memiliki cita rasa gurih ini bisa kamu dapatkan di pasar-pasar tradisional di Tawangmangu. Harganya mulai dari Rp2.000 per buah.

6. Carang Mas

Carang mas merupakan cemilan khas Tawangmangu yang cukup disukai ketika berkunjung di pasar Tawangmangu. Carang mas atau grubi adalah jajanan tradisional berbahan dasar berupa ubi yang diparut memanjang kecil-kecil seukuran korek api, kemudian digoreng dan dimasukkan ke dalam gula Jawa.

Setelahnya, dibentuk bulat-bulat kecil dan memiliki cita rasa yang manis. Kudapan ini dapat dengan mudah ditemukan di toko oleh-oleh di Tawangmangu, harga carang mas dibanderol mulai dari Rp35.000 per kemasan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.