Sukses

Jadi Kota Literasi, Surabaya Punya 530 Titik Layanan Baca

Sejak dikukukan menjadi Kota Literasi pada 2014 lalu, Surabaya terus menambah titik layanan bacanya.

Liputan6.com, Surabaya - Sejak dikukukan menjadi Kota Literasi pada 2014 lalu, Surabaya terus menambah titik layanan bacanya. Hingga kini, tidak kurang 530 titik layanan baca tersebar. Bahkan, titik layanan baca tersebut turut dilengkapi dengan kelas mendongeng, kelas bahasa asing, kelas menulis, kelas numerasi, hingga wisata buku.

"Sebanyak 530 titik layanan baca tersebut berupa perpustakaan, taman baca masyarakat dan mobil perpustakaan keliling," ujar Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Surabaya Mia Santi Dewi ketika membuka Safari Literasi Bersama Duta Baca Indonesia (DBI), Selasa (1/11/2022).

Upaya yang dilakukan dinas perpustakaan memang sudah menjadi bagian dari komitmen pemerintah Kota Surabaya untuk meningkatkan kualitas literasi dan budaya baca masyarakatnya.

Staf Ahli Wali Kota Bidang Hukum, Politik, dan Pemerintahan Kota Surabaya M Afgani Wardhana mengatakan, upaya tersebut dapat dirasakan nyata karena Pemkot secara khusus bersinergi dan bergotong royong dengan pegiat literasi menghidupkan titik layanan baca yang tersebar di fasilitas umum milik kota.

"Bahkan, informasi layanan perpustakaan pun bisa diakses melalui SIPUS, yaitu Sistem Informasi Perpustakaan, dan kanal media sosial," terang Wardhana.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama Kepala Pusat Analisis Perpustakaan dan Pengembangan Budaya Baca Perpustakaan Nasional Adin Bondar mengatakan, Safari Literasi Duta Baca Indonesia merupakan bagian dari rencana aksi DBI untuk menggerakkan potensi daerah. Adin mengakui sebagian masyarakat Indonesia belum literat karena belum terbiasa membaca dalam keseharian.

Padahal ini adalah sederhana yang bisa dilakukan secara bersama seperti di keluarga, satuan pendidikan. Bahkan, keluarga menjadi pondasi penting untuk menumbuhkembangkan kebiasaan tersebut.

"Ketika sering membaca akan timbul pemahaman terhadap sesuatu. Inilah yang disebut dengan literasi. Jika tingkat literasi membaik, kesejahteraan hidup pun akan ikut membaik karena sudah ada kesadaran dalam diri masyarakat untuk berpikir kreatif dan berani berinovasi," jelas Adin.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menulis Indonesia

Indonesia sudah lama dikenal sebagai bangsa yang sarat dengan kearifan lokal. Hal tersebut dikarenakan Indonesia dihuni oleh ribuan suku bangsa. Dampaknya, ribuan kearifan lokal pun bisa mudah dijumpai. Namun, tidak banyak yang mendokumentasikan ke dalam bentuk tulisan sehingga banyak masyarakat yang tidak mengetahui dengan baik.

Pentinganya kearifan lokal menjadi sebuah tulisan disuarakan Duta Baca Provinsi Jawa Timur Heraldha Savira. Menurutnya, upaya tersebut dapat membuat suatu bangsa menjadi beradab karena bisa dipelajari dari generasi ke generasi selanjutnya.

"Tinggi rendahnya peradaban manusia suatu bangsa dapat dilihat dari banyaknya khasanah budaya bangasa yang diciptakan," terang Heraldha.

Provinsi Jawa Timur diakui memiliki banyak naskah kuno dan saat ini sedang dilakukan penerjemahan agar dapat dipelajari oleh para pelajar. Bahkan, tidak perlu mengambil sumber teori dari negara Barat karena begitu melimpahnya naskah nusantara yang dimiliki.

"Tidak kurang 600 aksara nusantara dan 718 bahasa terserak di Indonesia," imbuh pegiat literasi Bambang Prakoso.

Jika disadari, lanjut Bambang, inilah yang menyebabkan Indonesia banyak ditaksir oleh negara-negara untuk dieksploitasi besar-besaran. Oleh karena itu, penting bagi kita semua untuk memiliki SDM yang unggul dan berkualitas agar bisa berkompetitif dengan bangsa lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.