Sukses

Cara Unik Pemuda Sangihe di Manado Memperingati Hari Sumpah Pemuda

Liputan6.com, Manado - Momen Hari Sumpah Pemuda bisa diperingati dengan berbagai cara, lazimnya melalui upacara bendera.

Namun yang dilakukan oleh sekelompok pemuda asal Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulut ini tergolong unik. Mereka memaknai Hari Sumpah Pemuda dengan upaya penyelamatan lingkungan.

Puluhan anak muda yang tergabung dalam Rukun Sembihingang Politekhnik Negeri Manado (Polimdo) ini, Kamis (27/10/2022), melakukan penanaman ratusan bibit pohon jenis mahoni dan nantu.

Ratusan bibit pohon itu ditanam di pinggiran sungai yang melintasi wilayah kelurahan Buha, Kecamatan Mapanget, Kota Manado, Sulut. 

“Kegiatan penanaman 100 bibit pohon ini untuk menyambut Hari Sumpah Pemuda,” ujar Ketua Rukun Sembihingang Christina Nender.

Dia mengatakan, memperingati Hari Sumpah Pemuda tidak hanya melalui kegiatan-kegiatan seremonial, namun melalui aksi nyata generasi muda dengan memberi solusi atas persoalan zaman sekarang.

“Persoalan lingkungan adalah salah satu yang dihadapi saat ini. Peran pemuda sangat penting dalam menjaga dan merawat lingkungan kita saat ini," ujarnya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Manfaat Pohon

Nender menuturkan, pohon banyak manfaatnya bagi kehidupan manusia, baik menjaga lahan agar tidak longsor, memberikan sumber kehidupan melalui oksigen juga menjadi sumber ekonomi.

"Kami berharap bibit pohon yang ditanami ini bisa bertumbuh semuanya, dan bisa bermanfaat bagi masyarakat setempat," ucapnya.

Untuk itu, dalam merefleksikan Hari Sumpah Pemuda, pihaknya mengajak mengajak anak-anak muda untuk terus terlibat dalam menjaga dan merawat alam yang ada.  

Kepala Lingkungan III Kelurahan Bahu Helda Wijayani Pongayouw memberikan apresiasi pada kegiatan  yang diikuti puluhan anak muda tersebut. Menurutnya, itu sangat baik dan bermanfaat.

“Kegiatan seperti ini seharusnya ditingkatkan oleh anak muda saat ini. Berharap kedepannya masih ada lagi kegiatan seperti ini di lingkungan kami," tandas Helda.

Tampak puluhan anak muda ini dengan serius menanam ratusan bibit pohon di sekitaran Kelurahan Buha, yang merupakan salah satu wilayah di pinggiran Kota Manado.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS