Sukses

Cek Daftar 5 Tanaman Herbal Ampuh untuk Detoksifikasi Tubuh

Untuk memulai hidup sehat, maka bisa disingkirkan makanan yang penuh gula dan terigu untuk beberapa saat.

Liputan6.com, Bandung - Ketika tidur tidak pulas, kulit kusam, dan tubuh sudah tidak nyaman, mungkin kamu butuh mendetoks tubuh. Biasanya, akibat makan makanan yang tidak bersih, gaya hidup yang buruk, serta tidur yang sering larut membuat badan tidak lagi bugar.

Terlebih ritme kerja yang pergi pagi pulang malam tidak lagi menyehatkan. Lantas tubuh seringkali mudah sakit dan berakhir istirahat di rumah.

Sayangnya, pekerjaan dengan kuantitas yang banyak tidak dibarengi dengan kualitas hidup yang layak. Makanan yang asal dan males gerak menjadi penyebabnya.

Untuk memulai hidup sehat, maka bisa disingkirkan makanan yang penuh gula dan terigu untuk beberapa saat. Kemudian, barengi dengan minuman dari tanaman herbal yang bisa mendetoksifikasi tubuh. Apa saja tanaman herbal tersebut?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sage Merah

Sage merah adalah jenis tanaman rempah asal Mediterania yang masih satu keluarga dengan lavender, thyme, dan oregano. Warnanya biru ungu, putih, atau merah muda dengan daun berwarna abu kehijauan. Sage bisa dijadikan campuran dalam masakan atau pengobatan tradisional.

Manfaat sage dikenal sebagai obat untuk masalah pencernaan hingga gangguan mental. Bahkan, spesies tanaman sage bisa memberi dampak positif pada kognitif dan melindungi gangguan neurologis. Tak hanya itu, tanaman sage mampu menurunkan kadar glukosa dan kolesterol jika diminum secara rutin.

Krisantemum

Tanaman berbunga asal Asia Timur ini dikonsumsi sebagai teh herbal. Manfaatnya dapat meringankan sakit tenggorokan akibat infeksi virus atau bakteri. Krisantemum juga menjaga kesehatan kulit karena memiliki antioksidan yang cukup tinggi dari nutrisi bunganya. Selain itu, bunga krisan mengandung kalium dan antioksidan untuk menjaga kesehatan jantung dan menjaga tekanan darah tetap stabil. Aromanya pun mampu menenangkan pikiran dan mengurangi stress.

Melati

Manfaat melati yang dapat diseduh menjadi teh dapat membantu pencernaan lebih baik hingga menurunkan berat badan. Campuran bunga ini juga mampu menangkal radikal bebas yang dapat mengakibatkan penyakit jantung. Kandungan polifenol dalam teh melati juga mencegah kolesterol jahat yang berpotensi menyumbat arteri.

Rosella

Bunga rosella sudah lama dikenal sebagai bunga yang memiliki sejuta manfaat seperti menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol jahat, menghambat penyerapan asam lemak jenuh, dan menjaga kadar gula darah tetap stabil. Tanaman berwarna merah ini seringkali dijadikan minuman, selai, sirup, bahkan obat-obatan. Teh rosella biasanya terbuat dari daun, kelopak, dan putik bunga rosella.

Saffron

Rempah-rempah mahal ini sempat hits beberapa tahun lalu. Harganya yang cenderung lebih mahal daripada rempah lainnya membuat saffron digandrungi karena punya ribuan manfaat untuk tubuh. Bunga saffron bergerak sebagai antioksidan yang melindungi diri dari radikal bebas, meringankan nyeri haid, dan mengatasi insomnia.

(Fathia Uqimul Haq)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.