Sukses

5 Oktober Hari Apa? Ini Deretan Momen dan Peringatannya

Liputan6.com, Bandung - Hari ini, 5 Oktober 2022 jatuh pada Rabu. Pada hari ini, ada beberapa hari penting yang dirayakan baik di dunia ataupun di Indonesia.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut adalah beberapa hari penting pada 5 Oktober:

1. Hari Guru Sedunia

Tanggal 5 Oktober menjadi salah satu perayaan penting bagi para guru di dunia. Hari ini menjadi salah satu peringatan dalam mengapresiasi para guru di seluruh dunia yang telah memberikan jasa dalam memberikan ilmu yang bermanfaat kepada semua orang. Adapun peringatan ini dibuat oleh UNESCO pada 1994.

Hari Guru Sedunia berbeda dengan hari guru nasional. Adapun Hari Guru Sedunia dirayakan setiap 5 Oktober, sedangkan di Indonesia Hari Guru Nasional dirayakan setiap 25 November.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Hari Tentara Nasional Indonesia (TNI)

Hari Tentara Nasional Indonesia (TNI) jatuh pada 5 Oktober. Latar sejarah HUT TNI karena lahir pada masa mempertahankan kemerdekaan Indonesia dari ancaman Belanda yang pada saat itu menginginkan untuk menjajah kembali.

TNI sendiri awalnya mempunyai nama Badan Keamanan Rakyat (BKR) yang kemudian berubah menjadi Tentara Keamanan Rakyat (TKR). Adapun dalam menyesuaikan dasar militer Internasional, TKR pun diganti menjadi Tentara Republik Indonesia (TRI). Akhirnya pada 3 Juni 1947 Presiden pun meresmikannya menjadi TNI atau Tentara Nasional Indonesia.

3 dari 3 halaman

Buda Wage Klawu

Buda Wage Klawu atau disebut juga Rahina Buda Cemeng Klawu merupakan sebuah peringatan atau upacara yang jatuh pada 5 Oktober. Hari ini bertepatan dengan Rabu Wage Wuku Klawu dalam kalender Saka Bali.

Hari ini merupakan hari pemujaan kepada Bhatara Rambut Sedana atau Dewi Laksmi yang telah melimpahkan kemakmuran serta kesejahteraan. Tentunya umat Hindu di Bali melaksanakan upacara ini.

Peringatan ini akan dilakukan terutama bagi mereka yang membuka suatu usaha baik perdagangan di warung, pasar, restoran, hingga perusahaan-perusahaan. Biasanya sesajen khusus disimpan pada setiap tempat yang digunakan sebagai menyimpan uang. Disimpannya sesajen tersebut menjadi suatu bentuk ungkapan rasa terima kasih karena Dewi Laksmi yang telah memberikan kemakmuran serta kesejahteraan.

 

Penulis: Natasa Kumalasah Putri

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.