Sukses

5 Tips Merawat Celana Jeans dengan Benar Supaya Tetap Awet

Liputan6.com, Bandung - Celana jeans menjadi celana yang disukai oleh banyak orang, tidak hanya kuat dan keras, celana ini juga nyaman digunakan untuk berpergian dengan santai.

Celana yang berbahan dasar denim ini tentunya mempunyai cara perawatan yang berbeda dengan celana berbahan lain yang harus kamu perhatikan.

Merawat celana jeans ada berbagai macam caranya. Mulai dari ketika mencuci dan cara menyimpannya juga perlu kamu perhatikan.

Sering kali jika salah dalam merawatnya, celana jeans bisa dengan mudah rusak ataupun melar.

Terdapat beberapa tips merawat celana jeans yang dibagikan oleh influencer fesyen Farhan Bashel. Di media sosial TikToknya, ia menjelaskan cara merawat celana jeans yang harus diperhatikan terutama dalam cara mencucinya.

Untuk lebih jelasnya, simak tipsnya berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

1. Jangan Mencuci Menggunakan Mesin Cuci

Farhan membagikan tips bahwa dalam mencuci celana jeans disarankan jangan menggunakan mesin cuci. Hal tersebut dikarenakan mesin cuci dapat membuat celana jeans cepat pudar warnanya dan juga ukuran jeans menjadi melar.

2. Balikan Celana dari Dalam ke Luar pada Saat Mencuci

Tips kedua adalah ketika akan mencuci, kamu bisa membalikkan bagian dalam celana jeans menjadi di luar. Hal tersebut dilakukan agar mencegah warna dari celana jeans cepat pudar.

3. Perhatikan Detergen yang Digunakan

Tidak hanya teknik mencucinya, tetapi juga dalam penggunaan detergennya harus kamu perhatikan. Pastikan kamu tidak menggunakan detergen yang mengandung pemutih karena kandungan pemutih dalam deterjen dapat membuat celana jeans akan cepat pudar.

3 dari 3 halaman

Berikutnya

4. Jangan Sikat Celana Jeans

Tips selanjutnya dalam merawat celana jeans adalah jangan sampai menyikatnya menggunakan sikat. Hal tersebut karena tekstur sikat yang kasar dapat merusak lapisan celana jeans bahkan bisa membuat warna dari celana jeans mudah pudar.

5. Jangan Melipat Celana Jeans

Tips selanjutnya dalam merawat celana jeans juga perlu diperhatikan pada saat menyimpannya. Disarankan untuk tidak melipat celana jeans karena bisa membuat bekas lipatan di bagian luarnya. Adapun cara menyimpannya dengan digantung menggunakan gantungan baju.

Tidak hanya lima tips tersebut saja, ada tips lain yang perlu diperhatikan dalam merawat celana jeans. Misalnya, jangan terlalu sering mencuci celana jeans namun demi kesehatan dan kebersihan cara mencucinya harus diperhatikan seperti tips sebelumnya.

Adapun dalam menyetrika celana jeans juga jangan terlalu sering atau terlalu lama disetrika karena tekstur celana bisa rusak dan warnanya pun bisa pudar.

(Natasa Kumalasah Putri)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS