Sukses

Menilik Penampilan VoB, Band Rock Perempuan Satu-Satunya di Panggung Jogjarockarta 2022

Liputan6.com, Yogyakarta - Voice Of Baceprot (VoB) menjadi satu-satunya grup band rock perempuan yang memeriahkan panggung JogjaROCKarta 2022 pada Minggu (26/09/22). Kehadiran para srikandi di atas panggung utama festival musik cadas ini berhasil menarik perhatian penonton yang hadir di Tebing Breksi, Sleman, DIY.

Di hadapan para pecinta musik rock yang hadir di Yogyakarta, VoB tampil prima menyanyikan lagu-lagu andalannya. Mulai dari School Revolution, PMS, What's the Holy (Nobel) Today?, hingga [Not] Public Proverty.

Grup band asal Garut ini juga membawakan lagu cover dari System of A Down berjudul Chaop Suey. Diketahui VoB digawangi oleh Firda “Marsya” Kurnia sebagai gitaris sekaligus vokalis, Widi Rahmawati sebagai bassis dan Euis Siti Aisyah sebagai drummer.

VoB terbentuk pada 2014 lalu, bahkan kehadiran band rock yang satu ini disebut-sebut sebagai fenomera baru di dalam dunia musik beraliran metal. Kala itu VoB menjadi satu-satunya band rock yang diisi perempuan-perempuan muda menggenakan jilbab.

Dikutip dari berbagai sumber, kata ‘Baceprot’ sebenarnya berasal dari bahasa Sunda yang artinya berisik. Nama ini disandingkan kepada mereka, lantaran trio metal ini kerap membuat kebisingan di sekolah.

Perjalanan karir band metal hijabers ini dimulai sejak sejak menampilkan cover lagu milik Rage Against The Machine pada 2015 di kanal YouTube mereka. Kemudian pada 2018, VoB merilis debut single self-written bertajuk "School Revolution".

Kepiawaian VoB dalam memainkan alat musik turut menyita perhatian media global seperti The New York Times, NPR, BBC, DW, dan The Guardian. Kemudian, VoB dilirik oleh agensi Amity Asia dan mereka pun resmi menandatangani kontrak bersama.

Berawal dari sana lah, VoB mulai menerima banyak undangan untuk tampil di festival dan acara terkenal di seluruh dunia. Pada 2021, VoB mengeluarkan mini album berjudul The Other Side of Metalism yang rilis ekslusif pada 3 Agustus lalu.

Kemudian pada 17 Agustus, VoB mengeluarkan single terbaru berjudul "God Allow Me (Please) to Play Music". Sementara musik videonya dikeluarkan bertepatan dengan Hari Perempuan Internasional.

Voice of Baceprot bahkan sempat melangsungkan Tur Eropa pada Desember 2021 lalu. Mereka menggelar konser di Belanda, Prancis, Swiss, dan Belgia. Trio ini juga pernah mendapat pujian dari personil band rock Rage Against The Machine, Tom Morello.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.