Sukses

Kotawaringin Timur Diterjang Banjir, Tujuh Kecamatan dan Puluhan Desa Terendam

Tujuh kecamatan dan puluhan desa di Kabupaten Kotawaringin Timur Diterjang Banjir.

Liputan6.com, Palangka Raya - Tujuh kecamatan dan puluhan desa di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah terendam banjir. Seribuan kepala keluarga terdampak dan banyak yang telah mengungsi.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kotim, Richel mengatakan, data sementara tujuh kecamatan yang terdampak yakni Antang Kalang, Telaga Antang, Bukit Santuai, Mentaya Hulu, Parenggean, Cempaga, dan Kota Besi.

"Yang masuk laporannya 709 rumah  terendam dan seribuan kepala keluarga," kata Richel dihubungi dari Palangka Raya, Selasa (13/9/2022).

Banjir cukup parah melanda Kecamatan Parenggean, dimana 5 desa dan 1 Kelurahan terendam banjir. Kemudian Kecamatan Antang Kalang meliputi Desa Sungai Puring, Tumbang Ngahan, Sungai Hanya, Tumbang Kalang dan Tumbang Manya.

Dari desa-desa tersebut, banyak yang telah mengungsi ke rumah keluarga yang tidak terkena banjir. Kemudian ada 9 keluarga yang dilaporkan mengungsi ke kantor kecamatan.

Richel mengatakan, jika intensitas hujan masih cukup tinggi, kemungkinan banjir akan semakin meluas.

BPBD Kotim telah menyalurkan bantuan sembako ke beberapa wilayah. Bantuan juga diberikan dari sejumlah perusahaan besar swasta yang ada di wilayah Kotim.

Simak juga video pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.