Sukses

Mengenang Bung Karno di Bulan Juni

Bulan Juni setiap tahunnya diperingati sebagai Bulan Bung Karno, karena di bulan tersebut, Bung Karno lahir dan wafat.

Liputan6.com, Palembang - Bulan Juni sepertinya menjadi salah satu bulan yang sangat penting bagi Indonesia. Bukan karena merayakan Kemerdekaan Indonesia. Namun di bulan Juni, lahirnya sosok Sang Proklamator Indonesia yang berperan besar dalam Kemerdekaan Indonesia, yakni Soekarno.

Soekarno atau sering disapa Bung Karno, lahir di Surabaya Jawa Timur (Jatim), pada tanggal 6 Juni 1901. Namun dia lahir dengan nama kecil yakni Kusno Sosrodihardjo. Karena sering sakit-sakitan, akhirnya ayahnya mengganti namanya menjadi Soekarno.

Bung Karno bersama Mohammad Hatta, memproklamasikan Kemerdekaan Indonesia, pada tanggal 17 Agustus 1945. Satu hari setelahnya, Soekarno-Mohammad Hatta dilantik sebagai Presiden-Wakil Presiden (Wapres) Indonesia pertama, setelah sidang PPKI.

Selama 22 tahun, Bung Karno menjabat sebagai Presiden RI, hingga akhirnya digantikan oleh Soeharto, pada tanggal 12 Maret 1967.

Di bulan Juni jualah, Bung Karno wafat. Tepatnya di Jakarta, 21 Juni 1970. Jenazahnya dimakamkan di Blitar Jawa Timur (Jatim).

Sosok Bung Karno sangat erat kaitannya dengan PDI-Perjuangan (PDIP). Partai berlambang banteng merah ini, meresapi ideologi, cara berpikir dan sudut pandang Soekarno.

Bahkan di bulan Juni setiap tahunnya, PDIP kerap menggelar acara yang diberi nama Bulan Bung Karno. Acara tersebut untuk mengenang sosok kharismatik di dunia, yang sudah membawa Indonesia menjadi negara yang merdeka.

Bulan Bung Karno di tahun 2022 ini, mengangkat tema ‘Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia’. Para kader PDIP se-Indonesia, bersama-sama menggelar kegiatan Bulan Bung Karno dengan berbagai acara.

Masih dalam rangka memeriahkan peringatan Bulan Bung Karno di tahun 2022 ini, DPD PDI Perjuangan (PDIP) terus menggelar beragam event edukatif yang mengasah kemampuan para generasi muda dan masyarakat Sumsel.

“Bung Karno lahir dan wafat, maka bulan Juni disebut Bulan Bung Karno,” Sekretaris DPD PDIP Sumsel Ilyas Panji Alam, Sabtu (18/6/2022).

Dia yang juga Ketua Panitia Bulan Bung Karno di Sumsel mengatakan, peringatan Bulan Bung Karno digelar dari tanggal tanggal 7 Juni 2022 hingga 22 Juni 2022 mendatang, di halaman DPRD Sumsel.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lomba Edukatif

Untuk menghormati sosok Bung Karno yang sangat berjasa untuk Indonesia, PDIP Sumsel menggelar berbagai perlombaan edukatif, yang sesuai dengan tema kegiatan.

Ada Lomba Pidatu Bung Karno, Lomba Senam Cinta Tanah Air (Sicita), lomba mewarnai/melukis, Lomba Meme atau Animasi dan Lomba Barisan Latte Art, yang berakhir pada tanggal 26 Juni 2022 untuk mengumumkan pemenang dan membagikan hadiah.

“Kita juga akan membuka bazar Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Ini untuk menggerakkan perekonomian masyarakat Sumsel,” katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.