Sukses

Libur Lebaran 2022 Momentum Bangkitnya Industri Pariwisata Bukit Lawang

Libur Lebaran 2022 atau Idul Fitri 1443 Hijriah menjadi momentum bangkitnya industri pariwisata, karena banyak masyarakat yang ingin berwisata menikamati libur Lebaran bersama keluarga setelah meredanya pandemi Covid-19 yang melanda sejak awal 2020.

Liputan6.com, Langkat Libur Lebaran 2022 atau Idul Fitri 1443 Hijriah menjadi momentum bangkitnya industri pariwisata, karena banyak masyarakat yang ingin berwisata menikamati libur Lebaran bersama keluarga setelah meredanya pandemi Covid-19 yang melanda sejak awal 2020.

Seperi halnya yang terjadi di kawasan wisata Bukit Lawang, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara (Sumut). Bukit Lawang terkenal dengan keindahan alamnya serta keberadaan habitan satwa langka endemik seperti orang utan sumatera dan hewan unik lainnya.

Informasi dihimpun Liputan6.com, Jumat (6/5/2022), sejak H+1 Lebaran jumlah pengunjung yang datang untuk berwisata di Bukit Lawang terus meningkat. Diprediksi akan terus bertambah hingga penghujung libur Lebaran.

Sebagain besar pengunjung yang datang berwisata ke Bukit Lawang merupakan wisatawan lokal yang berasal dari berbagai daerah di Sumut, terutama Kota Medan.

Mereka datang bersama rombongan keluarga untuk menikmati keindahan alam wisata Bukit Lawang yang merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL).

"Sering ke sini (Bukit Lawang) untuk menikmati suasana alam. Ini lagi momen Lebaran, jadi sama keluarga datang ke mari," kata seorang wisatawan asal Medan, Dian Gunawan.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Treking di Hutan

Di kawasan Bukit Lawang, selain pemandangannya yang indah, wisatawan juga dapat melakukan treking di hutan, serta menyaksikan orang utan liar yang berada di kawasan hutan.

Tak hanya itu, pengunjung juga dapat menikmati kesegaran air Sungai Bahorok yang jernih sambil menikmati arung jeram menggunakan ban berukuran besar yang dibentuk seperti rakit, dan dapat menampung 6 hingga 8 orang.

Pengunjung lainnya, Doni Saputra, mengaku sangat senang bisa membawa keluarga beserta kerabat untuk berlibur ke Bukit Lawang. Ia dan keluarganya terkesan dan merasa puas.

"Sangat berkesan, anak-anak senang sekali bisa melihat orang utan secara langsung di alam liar, sungainya juga sangat bagus, airnya jernih," sebutnya.

3 dari 4 halaman

Saran untuk Wisatawan

Bagi Anda yang ingin berkunjung dan menginap di Bukit Lawang pada suasana libur Lebaran seperti saat ini, disarankan memesan kamar hotel atau penginapan beberapa hari sebelum berkunjung.

Lalu, disarankan juga memakai jasa pemandu wisata jika ingin menikmati spot-spot menarik di Bukit Lawang, seperti treking di hutan, melihat atau bertemu dengan orang utan, hingga arung jeram.

4 dari 4 halaman

Jarak Medan ke Bukit Lawang

Untuk diketahui, Bukit Lawang berada sejauh kurang lebih 120 km dari kota Medan. Menuju Bukit Lawang bisa ditempuh menggunakan bus antar kota selama 3 hingga 4 jam perjalanan jika berangkat dari pusat Kota Medan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.