Sukses

Jalur Wisata Lembang Padat Merayap, Polisi Berlakukan Pengalihan Arus

Untuk mengatasi kepadatan arus lalu lintas itu, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Cimahi menerapkan one way atau satu arah dari arah Bandung menuju Lembang.

Liputan6.com, Bandung - Kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) masih diserbu wisatawan, hari ini Rabu (4/5/2022). Kepadatan arus lalu lintas di jalan utama Lembang-Bandung sudah terlihat sejak Terminal Ledeng di Jalan Setiabudhi.

Untuk mengatasi kepadatan arus lalu lintas itu, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Cimahi menerapkan one way atau satu arah dari arah Bandung menuju Lembang. Di depan Terminal Ledeng, kendaraan dari arah Bandung yang menuju ke Lembang dialihkan ke jalur Sersan Bajuri.

Sedangkan, dari arah Lembang, kondisi arus lalu lintas ramai, tetapi terkendali. Sejumlah kendaraan yang melintas masih bisa melaju, baik yang keluar dari arah Cidadap maupun dari arah Sersan Bajuri.

Mengingat padatnya kunjungan wisatawan ke Lembang, Kapolda Jabar Irjen Suntana menginstruksikan agar personel Polres Cimahi melakukan one way di ruas Jalan Raya Lembang.

"Kita ingin memberikan kemudahan pada wisatawan yang hendak ke Lembang dengan menerapkan one way di jalur arteri ini dari bawah ke Lembang. Nanti sore sampai malam kita akan lakukan penarikan dari atas (Lembang) ke bawah (Bandung) juga," ucap Suntana.

Polda Jabar memprediksi puncak libur Lebaran diperkirakan terjadi pada Jumat (6/5/2022) dan Sabtu (7/5/2022) ini. Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya terjadi kepadatan di jalur wisata di Jabar seperti kawasan Puncak Bogor, Pangandaran, Palabuhan Ratu, Lembang, dan Ciwidey.

"Untuk kedatangan wisatawan kemungkinan sampai Minggu nanti terus berdatangan. Puncaknya bisa di Jumat dan Sabtu. Sehingga kami harus membagi kekuatan personel untuk mengawasi semua objek wisata," ucap Suntana.

Kapolda Jabar juga mengecek penerapan protokol kesehatan di objek wisata kendati saat ini level PPKM di Jawa Barat telah menurun.

"Pengawasan prokes di objek wisata kan level PPKM kita agak turun. Kemudian vaksinasi tinggi, di lokasi wisata juga menggunakan PeduliLindungi. Tapi kita minta pengelola tetap mengimbau wisatawan agar menjaga prokes," tuturnya.

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.