Sukses

Wabup Bandung Sahrul Gunawan Mundur dari NasDem, Berlabuh ke Golkar

Wakil Bupati Bandung Sahrul Gunawan mengambil keputusan politik berpindah dari Partai Nasional Demokrat (NasDem) ke Partai Golkar.

Liputan6.com, Bandung - Wakil Bupati Bandung Sahrul Gunawan mengambil keputusan politik berpindah dari Partai Nasional Demokrat (NasDem) ke Partai Golkar. Ia sebelumnya diusung Partai NasDem pada Pilkada Kabupaten Bandung 2020 bersama Dadang Supriatna.

Pernyataan mundur Sahrul Gunawan disampaikan melalui surat resmi yang ia tandatangani pada 16 Maret 2022. Berdasarkan salinan surat yang diterima Liputan6.com, surat pengunduran diri Sahrul tersebut ditujukan ke Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Jawa Barat.

Dalam suratnya, Sahrul mengungkapkan segala dinamika yang terjadi antara dirinya dengan Partai NasDem dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab untuk menjalankan roda pemerintahan di Kabupaten Bandung berdasarkan porsi dan perannya masing-masing. Hal itu ia sebut merupakan sebuah implikasi akibat adanya perbedaan penilaian dan pandangan.

"Dalam kehidupan berdemokrasi, masing-masing pihak dapat memiliki pandangan dan penilaian tersendiri," tulis Sahrul.

Lebih jauh ia menyinggung soal pasang surutnya komunikasi politik yang terjadi. Namun demikian apapun yang akan terjadi, Sahrul menyatakan tetap berkomitmen untuk tetap mengedepankan semangat bagaimana caranya membangun dan mengembangkan Kabupaten Bandung.

"Setelah melalui pertimbangan atas berbagai kondisi dan situasi yang terjadi saat ini, serta didasari pengabdian diri kepada masyarakat, dengan surat ini saya menyatakan mengundurkan diri dari Partai Nasional Demokrat," ujar Sahrul.

Sahrul pun berharap semua pihak dapat memahami dan memaklumi maksudnya yang semata-mata hanya dilandasi kebaikan bersama.

Adapun pihak Partai Golkar masih belum menanggapi terkait kepindahan Sahrul Gunawan.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Reaksi NasDem

Sementara itu, Ketua Dewan Pertimbangan NasDem Jawa Barat Rajiv Singh mengaku pihaknya tidak merasa kehilangan sama sekali dengan hengkangnya Wakil Bupati Bandung tersebut.

"NasDem justru bersyukur, sebelum masuk 2024, kader-kader yang tidak mempunyai mental petarung dan tidak mempunyai etika politik sudah tereliminasi dengan sendirinya," ucap Rajiv dalam keterangannya tertulis, Jumat (18/3/2022).

Rajiv menyatakan partainya sudah mencabut Kartu Tanda Anggota (KTA) NasDem setelah Sahrul Gunawan menyatakan dirinya resmi berlabuh ke Partai Golkar. "Untuk KTA, otomatis sudah tidak aktif," katanya.

"NasDem tidak pernah merasa kehilangan dengan Sahrul Gunawan. Artinya kita bersyukur beban Nasdem Kabupaten Bandung hilang satu," Rajiv menambahkan.

Rajiv berharap Sahrul Gunawan istikamah di Partai Golkar dan tidak kembali hengkang ketika syahwat politiknya sudah terpenuhi. "Saya ucapkan selamat kepada saudara saya Sahrul Gunawan, semoga beliau istiqomah di partai Golkar. Harapan saya, semoga di Golkar Kang Sahrul berperilaku yang baik dan mempunyai etika politik yang baik agar bisa dicontoh oleh kader-kader Golkar di akar rumput," kata dia.

"Dan harapan saya semoga Golkar tidak ditinggalkan lagi oleh saudara Sahrul ketika syahwat politiknya (sudah) terpenuhi," Rajiv menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.