Sukses

Dinas Perpustakaan Kota Makassar Raih TOP 45 Inovasi dari Kemenpan-RB

Raihan itu pun menjadi kado manis untuk hari jadi Kota Makassar.

Liputan6.com, Jakarta Inovasi Sentuh Pustaka yang diluncurkan oleh Dinas Perpustakaan Kota Makassar berhasil meraih TOP 45 Inovasi Pelayanan Publik tingkat nasional 2021 yang digelar Kemenpan-RB. Raihan itu pun menjadi kado manis pada saat hari jadi ke-414 Kota Makassar, Selasa (9/11/2021).

Sehari sebelumnya, Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto telah menerima Trophy Akrilik Top 45 Inovasi dari KemenPAN-RB di Jakarta. Dinas Perpustakaan Kota Makassar menjadi satu-satunya SKPD di Kota Makassar bahkan satu-satunya lembaga perpustakaan di Indonesia yang meloloskan Inovasinya hingga tembus Top 45 Inovasi Pelayanan Publik Nasional Tahun 2021.

Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) yang diselenggarakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) ini diikuti berbagai instansi baik kementerian/ lembaga, Pemerintah provinsi, Kabupaten dan Kota. Dari ribuan proposal inovasi yang masuk telah terpilih 55 inovasi terpuji yang terdiri atas 45 Top Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2021, Top 5 Replikasi Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2021, dan 5 Pemenang Outstanding Achievement of Public Service Innovation 2021.

“Pemberian penghargaan ini adalah kontribusi nyata pemerintah dalam memberi motivasi kepada penyelenggara pelayanan untuk memajukan pelayanan publik di instansinya”, ungkap Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa dalam laporannya.

Diah Natalisa mengatakan bahwa seluruh proses penilaian dalam kompetisi ini dilakukan secara objektif dan akuntabel. Tim Penilai yang terdiri dari Tim Evaluasi dan Tim Panel Independen terdiri dari tokoh-tokoh yang sangat kredibel. Tim Evaluasi terdiri dari para Guru Besar yang telah teruji sebagai asesor perguruan tinggi.

Demikian juga Tim Panel Independen, adalah figur atau tokoh masyarakat yang telah teruji integritasnya. Perlu digaris bawahi, Kementerian PANRB tidak terlibat atau intervensi dalam proses penilaian. Inovasi terbaik dari ajang ini nantinya akan dilombakan di tingkat internasional, yakni United Nations Public Service Awards (UNPSA) yang diselenggarakan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Sementara bagi pemerintah daerah yang inovasinya masuk menjadi Top Inovasi Pelayanan Publik Terpuji, akan mendapat hadiah berupa Dana Insentif Daerah (DID).

Dinas Perpustakaan Kota Makassar selama ajang kompetisi inovasi berlangsung di Kementerian pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) telah meloloskan 3 inovasi dari 6 Inovasi yang ada yakni Dongkel with Mobile Library (Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2017), DONGKELOR (Top 21 Inovasi Pelayanan Publik Penanganan Covid 2020) dan SENTUH PUSTAKA (Top 45 Inovasi Pelayanan Publik Tingkat Nasional 2021). Wakil Walikota Makassar memberikan apresiasi atas pencapaian kinerja Dinas Perpustakaan Kota Makassar yang telah mengharumkan nama Kota Makassar di tingkat Nasional dan meminta untuk terus berinovasi dan mempersiapkan inovasi barunya untuk kompetisi selanjutnya.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.