Sukses

Serunya Muter-Muter Desa di Sekitar Borobudur Pakai Skuter

Sambil menghirup udara pagi, berkeliling di seputaran Candi Borobudur menggunakan skuter listrik tentu menjadi pengalaman wisata yang menyenangkan.

Liputan6.com, Yogyakarta - Saat mendengar kata 'Magelang', maka yang akan terlintas adalah destinasi wisata Candi Borobudur. Hal ini tak lepas karena Candi Borobudur menjadi destinasi wisata yang terkenal bahkan di tingkat dunia. Namun baru-baru ini di daerah Magelang terdapat suatu fenomena wisata yang unik untuk dicoba.

Jika pada umumnya wisatawan mengelilingi desa sekitar Candi Borobudur memakai mobil atau kendaraan lainnya, maka di sini pengunjung wajib mencoba sensasi berkeliling desa memakai skuter.

Di Homestay Asyuban, Dusun Tanjungsari, pengunjung dapat menemukan deretan skuter yang dapat disewa. Skuter yang disewakan juga berjenis skuter elektrik, sehingga wisatawan tidak perlu menggerakkannya secara manual.

Meskipun memakai skuter elektrik, namun tarif yang dipatok untuk menyewa skuter yang ada tergolong murah, yaitu sebesar Rp 10.000 per unit untuk 15 menit, berlaku kelipatan.

Sementara untuk waktu penyewaan skuter , pengelola membaginya menjadi dua sesi. Sesi pertama dibuka pada pukul 06.00 hingga 13.00 WIB dengan sistem booking melalui kontak Whatsappp dan akun instagram @skuterfun.borobudur.

Sementara sesi kedua dibuka pukul 15.00 hingga 21.00 WIB dengan sistem langsung datang di depan Candi Borobudur. Jika ada skuter kosong, maka wisatawan dapat langsung menyewa.  

Namun apabila skuter telah disewa semua, maka pengelola akan menerapkan sistem antrean. Selain itu, ketika wisatawan akan menyewa skuter, maka wisatawan wajib meninggalkan KTP atau tanda pengenal lainnya sebagai jaminan sewa.

 

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rute Menarik

Selain wajib meninggalkan tanda pengenal sebagai jaminan, pengelola juga mewajibkan peminjam memiliki kemampuan untuk mengendarai sepeda motor. Sebab, mengendarai skuter elektrik mirip dengan mengendarai sepeda motor.

Syarat lain yang ditetapkan oleh pengelola ialah bagi wisatawan yang masih tergolong anak-anak tidak dapat menyewa skuter yang ada, meskipun akan didampingi oleh orang tua, demi keamanan.

Sebelum naik skuter, peminjam akan diberi pengarahan seperti cara mengemudikan skuter dan rute perjalanan. Rute yang ditawarkan pun juga menarik, yaitu melewati jalan perkampungan yang asri, tidak terlalu banyak kendaraan yang lewat dan tentunya melewati beberapa spot foto yang Instagramable. 

Meskipun baru mulai beroperasi pada akhir Agustus 2021, jasa penyewaan skuter ini banyak diminati oleh wisatawan yang ada. Bukan hanya dari daerah Magelang saja, wisatawan yang datang juga berasal dari  Temanggung, Yogyakarta hingga Jakarta. Pada awalnya skuter yang disediakan berjumlah 6 unit. Namun melihat antusiasme wisatawan di Borobudur yang melebihi ekspetasi, akhirnya pengelola menambah jumlah skuter menjadi 18 unit.

(Yohana Nabilla)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.