Sukses

Pemkab OKI Optimis Vaksinasi 500 Ribuan Jiwa Terealisasi Hingga Akhir Tahun

Liputan6.com, Palembang - Percepatan vaksinasi untuk mewujudkan herd immunity atau kekebalan kelompok, dilakukan di 18 kecamatan di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan (Sumsel).

Program ‘Keroyok Vaksinasi’ yang dilakukan, diyakini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKI Sumsel, bisa mewujudkan target vaksinasi 500 ribuan warga hingga akhir tahun 2021 mendatang.

Menurut Bupati OKI Iskandar, saat ini Bed Occupancy Rate (BOR) di rumah sakit di Kabupaten OKI Sumsel sudah berada di angka nol.

“Namun virus ini terus bermutasi, sehingga perlu sinergi semua pihak untuk mewujudkan herd immunity hingga akhir tahun ini,” katanya, Minggu (24/10/2021).

Dia mengatakan, target 557 ribu jiwa vaksinasi di OKI optimis bisa direalisasi, namun harus ada kerjasama dan keterlibatan aktif dari seluruh pihak.

Iskandar menuturkan, target tersebut bukan karena hanya perintahnya sebagai Bupati OKI Sumsel. Namun sebagai wujud tugas kemanusiaan saja.

“Kepada seluruh OPD, Camat, Kepala Desa dibantu TNI dan Polri, agar melibatkan seluruh stakeholders di daerah. Terutama untuk menggerakkan masyarakat, mendatangi sentra-sentra layanan vaksinasi di kecamatan-kecamatan. Targetkan 5.000 orang kita vaksin per hari di Kabupaten OKI Sumsel,” katanya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

2 dari 2 halaman

Puskesmas Terbaik

Iskandar pun, mengapreasiasi kecamatan dan puskemas di OKI Sumsel, yang mampu mencapai target vaksinasi. Yakni Kecamatan Teluk Gelam dengan capaian 81 persen, yang menjadi kecamatan terdepan mencapai Herd Immunity di OKI.

Lalu, 5 kecamatan lainnya di OKI Sumsel, di mana warga masyarakatnya telah lebih dari 10.000 jiwa yang divaksinasi. Ada juga puskesmas terbaik yang mewujdukan vaksinasi terbanyak, yakni Puskesmas Celikah OKI Sumsel.

Rahmat, warga OKI Sumsel mendukung program ‘Keroyok Vaksinasi’ yang dilakukan oleh Pemkab OKI Sumsel, untuk pemerataan vaksinasi COVID-19.

“Semoga target Pemkab OKI terwujud, agar seluruh warga Kabupaten OKI Sumsel sudah divaksinasi semua,” ucapnya.