Sukses

Waspada Be, Ado Kartu Nikah Palsu Nyatut Kementerian Agama

Kementerian Agama (Kemenag) mastike idak lagi ngeluarke kartu nikah dalam bentuk fisik. Hal ini sekaligus ngebantah adonyo gambar kartu nikah yang beredar di media sosial.

Liputan6.com, Palembang - Kementerian Agama (Kemenag) mastike idak lagi ngeluarke kartu nikah dalam bentuk fisik. Hal ini sekaligus ngebantah adonyo gambar kartu nikah yang beredar di media sosial.

Kartu nikah itu nyantumke foto laki ke tampilan depan, dengan tulisan namo Kementerian Agama. Sementara pada tampilan belakang, ado empat kolom untuk foto bini.

Dirjen Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin mastike, kalu kartu itu bukan format resmi yang diterbitke oleh Kementerian Agama, alias berita ngolai.

"Kartu dengan foto laki dan empat kolom foto bini itu, bukan kartu resmi yang diterbitke Kementerian Agama. Itu masuk kategori hoaks, kerno ngatasnamoke dan gunoke logo Kementerian Agama," uji Kamaruddin Amin, dalam keterangan tertulisnyo di Jakarta, Rabu (25/8/2021).

Menurut Kamaruddin, mulai Agustus 2021, Kementerian Agama memang idak lagi nerbitke kartu nikah secara fisik. Pasangan pengantin yang menikah di bulan ini, pasti dapet kartu nikah digital.

"Kartu Nikah Digital terbitan Kemenag nampilke foto pasangan laki bini pada halaman depan, disertai keterangan namo laki, namo bini, abes tu tanggal akad nikahnyo," kato Kamaruddin.

"Bagian atas kartu tetulis lengkap namo Kementerian Agama Republik Indonesia yang diapit gambar Garuda dan Logo Kementerian Agama. Kalu di bagian bawah, ado keterangan KUA tempat nikahnyo, nomor akta, serta barcode yang akan terhubung dengan data server Bimas Islam. Data lengkap pasangan pengantin ini, biso dibaco pake scan barcode," sambungnyo.

Kamaruddin Amin nambahke, layanan kartu nikah digital ini biso diakses di semua Kantor Urusan Agama (KUA), yang la terintegrasi dengan Sistem Informasi Manajemen Nikah (Simkah Web).

Saat ini, tecatet la ada 5.819 KUA yang la biso ngakses Simkah Web. Jumlah itu masih terus betambah seiring dengan peningkatan kualitas pelayanan di KUA.

Caro dapetke kartu nikah digital mudah nian. Pasangan calon pengantin ngisi formulir pendaftaran nikah, melalui Simkah Web di https://simkah.kemenag.go.id/ atau klik SimkahWeb.

Pasangan calon pengatin harus ngisi data-data dengan lengkap, temasuk nomor telepon, dan alamat email yang masih aktif.

Abis tu, pasangan penganten ngelakuke akad nikah, kartu nikah digital akan dikirim make email dan nomor WhatsApp, yang la didaftarke make Simkah Web (sementara masih make email) dalem bentuk tautan atau link.

"Kartu nikah bukan pengganti buku nikah, jadinyo pasangan pengantin tetep nerimo buku nikah fisik. Sementara kartu nikah akan dikasih secara digital, melalui nomor WhatsApp maupun email yang didaftarke. Tapi bagi pasangan penganten yang pengeni kartu nikah fisik, biso ngajuke permohonan ke Kepala KUA selamo persediaan kartu nikah di KUA itu masih ado," uji Kamaruddin.

*** Men nak tahu bener idaknyo informasi yang beredar, payo biso kirim WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 cuma dengan ketik kato kunci yang dipengeni.

 

Saksikelah Video Pilihan Ini Nah:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ini Dio Cek Fakta Liputan6.com

Ngelawan hoaks samo bae ngelawan pembodohan. Itu yang dasari kami buat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan sampe sekarang kini aktif ngasihke literasi media ke masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com begabung dalem International Fact Checking Network (IFCN) dan jadi partner Facebook. Kami jugo bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerjo samo dengan pihak mano bae, dak kan mempengaruhi independensi kami.

Men kamu-kamu nak dapetke informasi tekait hoaks yang pengen kami telusuri dan verifikasi, biso be nyampeke di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Kalo nak besiget dapet jawaban? Payo biso hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan ini bae.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.