Sukses

Cek Fakta : Katek-Katek PPKM Diperpanjang Sampe Hari Kiamat

Liputan6.com, Palembang - Kabar tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) diperpanjang sampe hari kiamat beredar di media sosial. Kabar itu disebarke akun Facebook Agust Rafiudin pada 26 Juli 2021.

Akun Facebook Agust Rafiudin mengunggah foto siaran televisi yang nayangke pengumanan PPKM diperpanjang oleh Presiden Jokowi. Foto yang diunggah akun Facebook Agus Rafiudin mirip nian dengan tayangan di stasiun televisi Metro TV. Dalam foto itu, ado tulisan mak ini:

"BREAKING NEWS

PPKM DILANJUTKE SAMPE HARI KIAMAT"

"Lanjutke Pak ūüĎć," tulis akun Facebook Agust Rafiudin.

Konten yang disebarke akun Facebook Agust Rafiudin telah 19 kali dibagike dan dapet 96 komentar warganet.

Bener nian apo PPKM diperpanjang sampe hari kiamat? Ini nah penelusurannyo.

*** Men nak tau kebenaran informasi yang beredar, cubo WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 cuma dengan ketik kato kunci yang dipengeni.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com nelusuri kabar tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) diperpanjang sampe hari kiamat.

Penelusuran dilakuke dengan masukke kato kunci "ppkm diperpanjang metro tv" di kolom pencarian situs berbagi video YouTube.

Hasilnyo ado gambar serupa yang diunggah channel YouTube medcom id. Tapi, katek tulisan atau keterangan kalu PPKM diperpanjang sampe hari kiamat.

Ini nah gambar tangkapan layarnyo:

"Pemerintah resmi ngumumke penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 diperpanjang sampe 2 Agustus 2021. Tapi perpanjangan PPKM level 4 ini dilakuke dengan banyaknyo relaksasi terkait aktivitas dan mobilitas masyarakat dengan betahap," tulis channel YouTube medcom id pada 25 Juli 2021.

 

Referensi:

https://www.youtube.com/watch?v=Rdj3Upd3PK4

 

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulannyo

Kabar tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) diperpanjang sampe hari kiamat nyatonyo dak bener alias ngotakkin.

Faktanyo, PPKM level 4 diperpanjang sampe 2 Agustus 2021. Foto yang disebarke akun Facebook Agust Rafiudin nyatonyo la dimanipulasi. 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks samo bae dengan melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami buat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan sampe sekarang aktif ngasihke literasi media ke masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com begabung dalem International Fact Checking Network (IFCN) dan jadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerjo samo dengan pihak mano bae, dak akan mempengaruhi independensi kami.

Men kamu punyo informasi seputar hoaks yang pengen kami telusuri dan verifikasi, biso sampaike ke email cekfakta.liputan6@kly.id.

Kalu lebih gancangnyo dapetke jawaban? Kontak be Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.