Sukses

Mantapkan Persiapan Satgas Detektor, Wali Kota Makassar Gelar Rapat Virtual

Rapat itu digelar demi memastikan persiapan Satgas Detektor Makassar Recover benar-benar matang.

Liputan6.com, Makassar - Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto menggelar rapat koordinasi bersama Tim Makassar Recover untuk memastikan kesiapan Satgas Detektor yang rencananya akan terjun ke masyarakat Sabtu (10/7/2021) besok. Rapat yang digelar secara virtual itu dihadiri oleh seluruh pejabat terkait dan seluruh Tim Makassar Recover hingga tingkat kelurahan. 

Untuk diketahui Satgas Detektor adalah salah satu dari tiga satgas yang tergabung dalam program Makassar Recover, dua satgas lainnya adalah Satgas Covid Hunter dan Satgas Pengurai Keramaian (Raika). Satgas Detektor memiliki 10.000 anggota satgas yang bertugas mendeteksi seluruh warga yang dicurigai terkonfirmasi Covid-19.

"Rapat Koordinasi Makassar Recover Bersama Tim Makassar Recover, Master Covid dan  Jajaran Lingkup Pemerintah Kota Makassar untuk memastikan kesiapan mereka terkait kegiatan besok," kata wali kota yang akrab disapa Danny Pomanto itu, Jumat (9/7/2021).

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Danny menanyai satu per satu seluruh Master Makassar Recover di tingkat kecamatan terkait kesiapan dan pembekalan mereka kepada seluruh anggota Satgas Detektor.

"Bagaimana apakah semuanya sudah siap? Termasuk pertanyaan-pertanyaan anggota satgas nantinya kepada masyarakat," tanya Danny kepada Master Makassar Recover di tingkat kecamatan.

"Siap Pak, semua sudah ada di aplikasi, dan kami sudah memberikan pembekalan dan pelatihan juga kepada para anggota satgas," jawab Master Makassar Recover tingkat kecamatan secara bergantian.

Danny lalu menanyai seluruh camat terkait kesiapan mereka untuk mendukung Satgas Detektor yang akan terjun ke masyarakat. Para Camat pun memastikan akan siap mendukung mulai dari pendampingan hingga dukungan logistik kepada seluruh anggota Satgas Detektor.

"Siap kami siap mendukung sepenuhnya," jawab para camat secara bergantian.

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kesiapan Puskesmas

Pada kesempatan itu, Danny juga memastikan kesiapan sejumlah Puskesmas yang ada di penjuru Kota Makassar jika nantinya ada warga yang terdeteksi Covid-19 usai Satgas Detektor turun ke masyarakat. Kepada para kepala Puskesmas Danny menanyakan kesiapan tenaga kesehatan hingga kesiapan swab antigen dan PCR yang dimiliki oleh masing-masing Puskesmas.

"Semuanya siap. Kami siapkan nakes sesuai dengan kebutuhannya dan stok antigen juga cukup," jawab para Kepala Puskesmas secara bergantian.

Danny berharap nantinya dari hasil pemeriksaan Satgas Detektor ini di masyarakat bisa menjadi data detil untuk menentukan zonasi penyebaran Covid-19 hingga ketingkat RT.

"Ini bisa menjadi terobosan apalagi mungkin belum ada yang melakukan ini di Indonesia. Harapan kita nantinya dari sini kita bisa tentukan zonasi hingga tingkat RT, yang mana masuk zona hijau, oranye atau zona merah," ucap Danny saat rapat koordinasi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.