Sukses

Banjir Kepung Limapuluh Kota, Jembatan Putus dan Ternak Hanyut

Hujan deras mengguyur Limapuluh Kota sejak Minggu (9/5/2021).

Liputan6.com, Limapuluh Kota - Hujan deras yang mengguyur sejumlah daerah di Sumatera Barat sejak Minggu (9/5/2021), menyebabkan banjir di Kecamatan Akabiluru Kabupaten Limapuluh Kota.

Bencana itu terjadi karena meluapnya air Sungai Batang Kapur, Kecamatan Akabiluru. Banjir tersebut mengakibatkan sejumlah tujuh rumah warga terendam banjir.

Banjir juga menyebabkan runtuhnya badan jalan Muaro Paiti menuju Lubuk Alai. Akibatnya satu unit mobil truk terjebak di dalam terban tersebut.

Kemudian satu unit jembatan penghubung di Nagari Pauh Sarik putus, tali bandar irigasi di Lubuk Bongka, Sari Bulan, dan Baliak Datar juga putus.

"Lahan perikanan milik BUMNag juga rusak akibat banjir kali ini," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Sumbar, Rumainur kepada Liputan6.com, Senin (10/5/2021).

Selain itu, lanjutnya, tiga ekor kerbau milik warga juga hanyut. Saat ini, petugas masih berada di lapangan untuk membantu warga.

"Tim gabungan di lapangan bersama warga membantu mengevaksuasi harta benda masyarakat yang terdampak banjir," jelasnya.

Sementara Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Minangkabau, sudah mengeluarkan peringatan dini potensi hujan intensitas tinggi disertai petir dan kilat di beberapa daerah Sumbar beberapa hari ke depan.

Dari keterangan BMKG Minangkabau, hujan terjadi di Kabupaten Pasaman Barat, Pasaman, Limapuluh Kota, Agam, Bukittinggi, Padang Panjang, Tanah Datar, Padang Pariaman, Pariaman, Padang, Solok.

Kemudian Sijunjung, Pesisir Selatan, dan Dharmasraya. BMKG Minangkabau mengingatkan masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi bencana alam.

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.