Sukses

Menilik Kecanggihan RDF Cilacap, Target Olah 200 Ton Sampah jadi Bahan Bakar per Hari

Jika seluruh sampah TPA sudah masuk ke TPST RDF Tritih Kulon, Cilacap, maka target peningkatan kapasitas hingga 200 ton per hari akan terpenuhi

Liputan6.com, Cilacap - Pemerintah Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah menarget mampu meningkatkan kapasitas pengolahan sampah di Tempat Pengolahan Sampah Terpadu Refuse Derived Fuel (TPST RDF), Tritih Kulon, Jeruklegi, hingga 200 ton per hari.

Diketahui, RDF adalah infrastruktur pengolah sampah domestik menjadi bahan bakar setara batu bara.

Sebelumnya TPST RDF hanya mengolah sekitar 120 ton per hari. Kapasitas olah itu disesuaikan dengan volume sampah harian di TPST Tritih Lor, Jeruklegi, Cilacap.

“Yang di Jeruklegi itu jumlah sampah hariannya sekitar 120 ton. Itu dari wilayah kota dan beberapa kecamatan lain,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cilacap, Awaludin Muuri.

Dia menjelaskan, secara bertahap Pemkab mulai menyalurkan sampah dari wilayah lainnya, seperti Cilacap Timur, eks-Distrik Sidareja dan Cilacap barat. Dan kini, sampah dari enam kecamatan di Cilacap timur sudah masuk ke TPST RDF.

“Yang sudah masuk ke RDF itu Cilacap timur. Sekarang kapasitas hariannya sekitar 135-140 ton,” ujarnya.

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Target 2024

Cilacap memiliki empat tempat pembuangan akhir (TPA). Yakni, di Tritih Lor, Jeruklegi, TPA Kepudang, Binangun, untuk wilayah Cilacap timur, TPA Kunci, untuk wilayah eks Distrik Sidareja dan sekitarnya, serta TPA Malabar, untuk eks-Distrik Majenang dan sekitarnya.

Seluruh sampah dari empat TPA itu secara bertahap akan diolah di RDF Jeruklegi untuk diolah menjadi bahan bakar setara batubara.

Selanjutnya, produk akhir akan dijual kepada pabrik semen, PT Solusi Bangun Indonesia (SBI) untuk dimanfaatkan sebagai bahan bakar pengganti batubara dalam proses penglahan bahan semen.

“Semuanya diserap oleh PT SBI. Itu memang sejak awal sudah komitmen untuk pemanfaatan produk RDF,” dia menjelaskan.

Menurut dia, jika seluruh sampah TPA sudah masuk ke TPST RDF Tritih Kulon, Cilacap, maka target peningkatan kapasitas hingga 200 ton per hari akan terpenuhi. Peningkatan akan dilakukan secara bertahap hingga 2024.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.