Sukses

Jambu Kristal Putih Disebut Bisa Tangkal Covid-19, Ini Penjelasan Ahli Gizi UGM

Liputan6.com, Yogyakarta Adanya narasi di media sosial terkait jambu kristal putih untuk mencegah Covid-19 dibantah oleh Ahli Gizi UGM, Aviria Eramilia. Menurutnya hingga saat ini belum ada makanan yang secara spesifik dapat mencegah atau sebagai antivirus Covid-19 termasuk jambu kristal putih.

"Belum ada studi klinis khusus terkait jambu kristal putih sebagai penangkal Covid-19," kata dosen Departemen Gizi Kesehatan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) UGM ini saat dihubungi Kamis 4 Maret 2021.

Aviria menjelaskan dalam jambu kristal putih memang kaya akan kandungan gizi seperti kandungan vitamin, mineral, serta serat yang bermanfaat bagi tubuh. Hanya saja daging buah pada jambu kristal putih lebih banyak dibandingkan dengan jenis jambu lainnya  karena kandungan bijinya hanya sekitar 3 persen.

"Zat gizi yang nyata adalah vitamin C yang tidak terlalu berbeda dengan jambu biasa," tuturnya.

 Aviria menjelaskan dalam jambu kristal putih ini memang kandungan vitamin C memiliki manfaat dalam membantu meningkatkan imunitas tubuh. Sehinga tubuh tidak mudah terjangkit penyakit, virus, maupun bakteri.

"Sekali lagi kalau spesifik anti Covid-19 itu tidak ya, tapi buah ini memang bagus kandungan zat gizinya terutama vitamin C dan mineral baik untuk mendukung kekebalan tubuh," pungkasnya.

Aviria mengatakan dalam jambu kristal putih tingkat kemanisan jambu ini lebih merata di semua daging buah. Bahkan tingkat kemanisannya rata-rata lebih tinggi dibanding buah jambu biasa sehingga lebih enak untuk dinikmati.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 2 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini: