Sukses

Kabar Baik di Hari Pers, Wagub Ijeck Sebut Wartawan Divaksinasi Covid-19 Maret 2021

Liputan6.com, Medan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) akan memfasilitasi pemberian vaksin Covid-19 kepada wartawan. Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah mengatakan, vaksin Covid-19 kepada wartawan dijadwalkan dilaksanakan Maret 2021.

"Kawan-kawan pers, nantinya (divaksin) pada bulan Maret (2021)," kata Wagub Sumut saat menyambangi Warkop Jurnalis Medan, Jalan Agus Salim, dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN), Selasa (9/2/2021).

Pria yang akrab disapa Ijeck tersebut menyebut, wartawan salah satu profesi rentan terpapar Covid-19. Tugas wartawan mengharuskan bertemu orang banyak setiap hari. Hal ini menjadi dasar dimasukannya wartawan sebagai kategori penerima vaksin.

"Wartawan itu rentan, sering berhubungan dengan banyak orang," sebutnya.

Dalam momentum HPN 2021, Ijeck menyampaikan harapan kepada insan pers. Orang nomor dua di Sumut itu berharap agar pers membantu pemerintah menyosialisasikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 kepada masyarakat.

"Terus semangat membantu pemerintah menyadarkan masyarakat dengan tetap sehat, jaga protokol kesehatan, dan jaga imunitas badan," ucapnya.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 5 halaman

Pemerintah Hadir

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumut, Hermansyah, yang juga hadir di Warkop Jurnalis Medan mengatakan, kedatangan Wagub Ijeck menandakan pemerintah hadir dan mau mendengarkan berbagai persoalan yang dihadapi insan pers. Apalagi di masa pandemi Covid-19.

"Covid-19 ikut membuat terpuruknya media dan wartawan, tidak hanya media cetak, media online terdampak. Kita harus tetap berjuang di tengah pandemi ini, karena rakyat masih butuh informasi dari kita," ungkapnya.

3 dari 5 halaman

Kunjungi Tokoh Pers Perjuangan

Tidak hanya menyambangi Warkop Jurnalis Medan, Ijeck juga mengunjungi Tokoh Pers Perjuangan Sumut, Muhammad TWH, yang juga pemilik Museum Perjuangan Pers di Jalan Sei Alas, Kecamatan Medan Petisah, pada peringatan HPN 2021.

Wagub Sumut berkeliling dan terpukau melihat berbagai koleksi surat kabar lama yang dipajang di museum tersebut, dan berbincang dengan Muhammad TWH tentang berbagai hal mengenai perkembangn pers serta keberadaan Museum Perjuangan Pers.

"Saya melihat tempat ini tidak akan cukup menampung semua koleksi bapak. Nanti kita diskusikan dengan Pak Gubernur untuk mengupayakan lokasi yang bisa menampung koleksi bapak," ucap Ijeck di Museum Perjuangan Pers.

4 dari 5 halaman

Pertahankan Museum

Menyahuti niat baik tersebut, Muhammad TWH terharu dan tidak mampu membendung air mata. Dengan terbata-bata ia menyampaikan, dari sejak pertama didirikan, museum tersebut tidak pernah mendapat bantuan dari pemerintah.

"Saya akan tetap pertahankan museum ini, pak. Anak-anak sekolah banyak datang, untuk mengetahui kisah dari pahlawan yang ada di Sumut. Di sini semua terekam jelas kisah perjalan itu," ujar tokoh pers Sumut berusia 88 tahun ini.

Muhammad TWH menyampaikan, di Jakarta dahulu ada museum pers yang kini telah berganti nama menjadi Monumen Pers Nasional. Ia optimis tempat ini satu-satunya museum pers yang paling lengkap koleksinya tentang surat kabar zaman dahulu.

"Tentunya yang pernah ada di Indonesia," tandasnya.

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: