Sukses

Sulut Catat Rekor Baru Kasus Covid-19 Harian Tertinggi, Apa Pemicunya?

Liputan6.com, Manado - Juru Bicaara Satgas Covid-19 Provinsi Sulut, dr Steaven Dandel, melaporkan perkembangan penanganan pandemi Covid-19 di Sulut. Ada lonjakan penambahan kasus baru positif Covid-19, yang merupakan rekor harian tertinggi, yakni 234 kasus. Apa penyebabnya?

"Hari ini penambahan kasus baru di Sulut mencapai 234 kasus, yang merupakan rekor penambahan kasus tertinggi harian," ungkap Dandel, Rabu (20/1/2021).

Dia mengatakan, sebelumnya rekor tertinggi terjadi pada 18 Desember 2020 sebanyak 202 kasus. Adapun pertambahan kasus sebanyak ini, menurut analisa epidemiologi adalah dampak dari transmisi yang terjadi selama liburan Hari Natal dan Tahun Baru.

"Hal ini bisa terlihat dari sebaran kasus yang cukup meluas ke kabupaten yang sebelumnya minim kasus," ujar Dandel.

Contohnya yang terjadi di Kabupaten Bolmong dan Kabupaten Kepulauan Talaud. Peningkatan kasus yang cukup signifikan di dua daerah ini, bisa terkorelasi dengan mobilisasi penduduk yang mudik selama liburan ini. Kasus kasus yang diumumkan hari ini adalah mereka yang diambil sampelnya di pekan pertama dan kedua bulan Januari.

"Sehingga bila ditarik kronologis sesuai masa inkubasi Covid-19 yakni 7 sampai 14 hari, maka infeksi pada kasus yang terlapor hari ini terjadi selama periode liburan ini," ungkap Dandel.

Dengan penambahan 234 kasus baru itu, maka jumlah akumulasi kasus positif Covid-19 di Sulut sebanyak 11.838 kasus. Dengan jumlah pasien aktif sebanyak 3.091 orang atau sebesar 26,11 persen.

"Kasus baru ini terdapat di 14 dari 15 daerah di Sulut, hanya Kabupaten Bolmong Selatan yang tidak ada kasus baru," ujarnya.

Untuk pasien yang dinyatakan sembuh dari Covid-19 bertambah 45 orang, jumlah akumulasinya menjadi 8.341 orang. Angka kesembuhan Covid-19 di Sulut per 20 Januari 2021 adalah 70,79 persen.

"Sedangkan untuk kasus meninggal dunia ada bertambah 3 orang, jumlah akumulasinya menjadi 367 orang. Angka kematian pasien Covid-19 di Sulut sebesar 3,1 persen," ujarnya.

 

**Ingat #PesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 2 halaman

Simak juga video pilihan berikut: