Sukses

Heboh Video Harimau Muncul di Hutan Jati Blora, Begini Faktanya

Hutan jati KPH Cepu, Desa Cabak, Kecamatan Jiken, memang pernah dipasang papan informasi soal adanya habitat macan tutul.

Liputan6.com, Blora - Video berdurasi 30 detik yang berisi kemunculan seekor harimau di tengah hutan jati membuat geger warga Blora. Tanpa keterangan yang jelas, video harimau itu terus menyebar dan memunculkan kekhawatiran banyak orang, terlebih warga Blora yang tinggal di sekitar hutan jati. Mengingat kabar yang beredar, harimau muncul di kawasan hutan jati Kabupaten Blora, Jawa Tengah. 

Beberapa tahun lalu, hutan jati KPH Cepu, Desa Cabak, Kecamatan Jiken, memang pernah dipasang papan informasi soal adanya habitat macan tutul.

"Sepengetahuanku memang dulu ada, macan indukan dan anak-anaknya menyeberangi jalan di pal balon Cabak, tetapi itu dulu. Sudah lama sekali," ujar Abdul (37), salah seorang warga asli Jiken saat ditemui Liputan6.com, Kamis (31/12/2020).

Abdul mengaku juga mendapatkan video yang beredar luas tersebut. Tetapi, kata dia, penampakan yang diketahuinya dulu jenisnya macan tutul.

"Beda, itu gede banget, tom-tomi uwong (itu besar sekali, mengerikan orang)," ungkapnya.

Hal senada juga dikatakan Purwanto (41), warga lainnya. Dia menyebut dahulu memang banyak harimau yang dilepas di hutan jati Blora. Namun demikian, dirinya tidak bisa memastikan apakah harimau di video benar-benar ada di hutan jati Blora.

Sementara itu, Kurniawan, Asisten Perhutani Desa Cabak memastikan, lokasi kemunculan harimau bukan di kawasan KPH Cepu turut Desa Cabak, Kecamatan Jiken.

"Tidak di wilayah kami, untuk tepatnya saya kurang tahu," kata Kurniawan.

 

 

 

 

**Ingat #PesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Aneh

Dirinya mengaku, sejak bertugas di hutan tersebut belum pernah menjumpai satwa harimau. Disinggung adanya habitat macan tutul seperti di papan informasi yang pernah ada di kawasan hutan setempat, Kurniawan mengaku, tidak mengetahui detail soal hal itu.

"Saya kurang tahu untuk tahun-tahun sebelumnya, karena saya di Cabak baru bulan Maret 2020," katanya.

Hal itu juga diungkapkan Agung, Bidang Pengelolaan Aset KPH Cepu. Dirinya mengatakan tidak ada harimau di kawasan hutan jati Cepu. Agung juga menyebut, video yang beredar di media sosial itu tampak aneh di bagian akhir, seperti ada perpindahan lokasi. Dapat dipastikan harimau yang muncul di video tersebut bukan di Blora.

"Saya berkeyakinan tidak ada di sini," ungkapnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.