Sukses

Segarnya Pagi Menikmati Gemercik Air Terjun Ai Mitat di Sikka

Liputan6.com, Sikka - Berlibur ke Nusa Tenggara Timur, pengunjung disuguhi banyak pilihan tempat untuk menikmati keindahan dan panorama alam. Di Maumere, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT) kita akan menemui banyak lokasi wisata yang sayang jika tak disinggahi.

Daerah yang sering disebut Maumere of Flores (Mof) itu memang memiliki banyak potensi wisata alam yang memikat para wisatawan.

Salah satunya adalah air terjun Aimitat. Suguhan destinasi wisata air terjun yang menarik untuk dikunjungi bersama keluarga dan orang-orang terdekat.

Air terjun Ai Mitat terletak di sebelah barat kota Maumere, tepatnya di Dusun Ai Mitat, Kelurahan Wailiti, Kecamatan Alok Barat, Kabupaten Sikka, Propinsi NTT.

Jarak dari kota Maumere ke lokasi air terjun Ai Mitat kurang lebih sekitar 8 kilometer. Pengunjung bisa mencapai lokasi tersebut menggunakan sepeda motor ataupun mobil. Namun, kendaraan hanya bisa sampai ke dusun Ai Mitat.

Dari Dusun Ai Mitat, pengunjung harus berjalan kaki dengan jarak tempuh kurang lebih 5 kilometer. Jalur ini tergolong ringan dan bisa dicapai dalam waktu 1 jam. 

Dalam perjalanan menuju mata air, pengunjung akan disuguhi pemandangan Kota Maumere dan hamparan laut biru dari atas bukit Ai Mitat. Perjalanan ini tidak akan terasa lama karena sepanjang perjalanan menuju air terjun pengunjung bisa melihat flora dan fauna yang memukau.

Gemercik air, suara burung, dan angin yang bertiup sepoi-sepoi akan menemani perjalanan wisatawan. Semua lelah yang dirasakan saat menempuh perjalanan menuju air terjun akan terbayar ketika tiba di lokasi Air Terjun Ai Mitat. Suara air terjun seolah menyapa pengunjung seolah mengucapkan "Selamat Datang".

Pepohonan besar di sekitar air terjun akan menambah kesejukan lokasi wisata alam itu. Bebatuan besar yang tersusun rapi yang berada di sekitar air terjun menjadi tempat duduk bagi pengunjung dan menarik dijadikan latar berswafoto.

Selain menawarkan keindahan air terjun, ada pula kolam yang letaknya berada di bawah Air Terjun Ai Mitat yang luasnya kurang lebih 8x6 meter dengan kedalaman kurang lebih 2 meter. Airnya jernih dan dingin kolam ini membuat para pengunjung tidak sabar menceburkan badannya.

Yohanes Kosmas, salah seorang pemandu wisata di Kota Maumere  ditemui Liputan6.com, Minggu (22/11/2020) mengatakan, air terjun Ai Mitat adalah salah satu destinasi wisata yang berada dekat kota Maumere. Akses menuju ke tempat wisata itu tidak jauh. 

Air Terjun Ai Mitat memiliki pesona yang begitu indah. Bukan hanya soal air terjunnya , tapi alam di sekitarnya juga membuat Ai Mitat semakin menarik.

"Air terjunnya ini bila dipandang sangatlah indah. Lalu saat diceburkan badan di dalam air, waduh segar betul. Asyiknya lagi, suasana alamnya begitu indah," katanya.

Menurutnya, suatu hal yang mengagumkan bila bisa menikmati air terjun Ai Mitat. Karena selama ini Kabupaten Sikka hanya dikenal dengan keindahan pantainya, tapi rupanya juga memiliki wisata alam yang masih asri yakni Air Terjun Ai Mitat.

"Khusus wisatawan yang hobi trekking, sangat cocok datang kunjung ke air terjun Ai Matat, air terjun Ai Matat sudah banyak dikunjungi wisatawan lokal dan mancanegara, karena keindahan alam yang begitu indah," dia memungkasi.

 

2 dari 2 halaman

Simak juga video pilihan berikut: