Sukses

Pesan Tersirat dalam Album Alfabetic Karya 'Gitaris Satu Jari' Doddy Hernanto

Liputan6.com, Cirebon - Sebuah karya fenomenal yang memadukan musik dan pesan sosial karya Doddy Hernanto alias Mr D. Musisi yang dikenal main gitar satu jari ini merilis tujuh lagu-lagu andalannya.

Satu diantaranya sudah bisa diakses melalui Itunes. Ada tujuh lagu yang dirilis oleh pria yang akrab disapa Mr D ini.

Masing-masing lagu memiliki keunikan tersendiri. Seperti lagu berjudul Always Be Calm (ABC), lagu yang pernah dirilis tahun 2015 ini memiliki pesan tersirat dan ajakan untuk tetap tenang dalam setiap menghadapi sesuatu.

"Tenanglah selalu dalam setiap menghadapi hidup di dunia. Apalagi di tengah kondisi Pandemi Covid-19 ini membuat masyarakat panik," kata dia dalam launching virtual album Alfabetic, Rabu (9/9/2020).

Menurut dia, inti dari lagu ABC tersebut adalah harus tetap tenang menghadapi persoalan apa pun.

Meski dalam perkembangannya lagu ABC dirilis tahun 2015. Mr D membuatnya menjadi dua versi, agar lebih mudah diakses oleh masyarakat tanpa harus membeli di ITunes. Versi kedua lagu ABC ini dikemas dalam sebuah kolaborasi untuk syiar Islam. Mr D menamakannya sebagai Jazz Solawat.

Kolaborasi dengan santri di Jawa Timur, lirik dalam lagu ABC ini mensiarkan Asmaul Husna. Versi kedua lagu ABC ini, disisipi musik Gamelan sebagai bagian dari upaya melestarikan kearifan lokal masyarakat Indonesia khususnya Jawa.

"Proses perekaman lagu hanya satu kali di sebuah Masjid di Jawa Timur," Kata Mr D.

Lagu kedua berjudul Don't Ever Fear (DEF) artinya Jangan Pernah Merasa Takut. Dia menjelaskan, lagu tersebut memiliki semangat yang mirip dengan Sosrokartono agar tidak pernah merasa takut dalam menghadapi persoalan hidup.

"Mengutip Raden Mas Panji Sosrokartono Sugih Tanpa Bandha, Digdaya Tanpa Aji, Nglurug Tanpa Bala, Menang Tanpa Ngasorake. Artinya Kaya Tanpa Harta, Sakti Tanpa Jimat, Menyerbu Tanpa Pasukan, Menang Tanpa Merendahkan," jelas Mr D.

 

2 dari 3 halaman

Pesan Cinta

Lagu ketiga berjudul Give Her Interest (GHI) berarti berikan minatnya. Menggambarkan seseorang yang berpikir merdeka tanpa dikekang.

Bebas bersuara, menyampaikan pendapat, aspirasi hingga karya yang dihasilkan.

"Karena semua berangkat dari ketertarikan diri pada sesuatu," ujar dia.

Ada pesan cinta yang mendalam di lagu keempat berjudul Just Keep Loving (JKL). Namun, cinta ini bukan berarti kepada pasangan saja.

Dia menjelaskan, pesan cinta dalam lagu ini agar tetap terus menggeluti bidang yang sedang digeluti. Dengan rasa cinta, maka keberhasilan ada di depan mata.

Lagu berikutnya Move No Over (MNO) jangan berlebihan. Berarti dalam bekerja harus mampu mengukur kemampuan diri.

Berlebihan dalam pekerjaan, kata dia, beresiko memiliki dampak negatif bagi diri sendiri. Lagu berikutnya berjudul Please Quit Running (PQR) yakni berlarilah mengejar mimpimu.

"Tapi jangan habiskan tenagamu untuk mengejar mimpi yang sia-sia. Ini penekanannya," ujar dia.

Lagu berikutnya Say To Us (STU) menggambarkan pola hidup bersama dalam sebuah keberagaman. Menghargai perbedaan, tetapi tetap satu tujuan.

Seraya Bhinneka Tunggal Ika, lagu berjudul STU ini memiliki semangat untuk membuat seseorang tetap kompak, bersatu dan tidak terpecah belah.

3 dari 3 halaman

Saksikan vidio pilihan berikut ini: