Sukses

Ketika Lokasi Banjir Bandang Luwu Utara Menjadi Tempat Wisata

Liputan6.com, Luwu Utara - Pasca dilanda banjir bandang yang terjadi pada Senin, 13 Juli 2020 silam, bantaran Sungai Rongkong yang berada Desa Sabbang dan Kelurahan Salassa, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan kini menjadi lokasi wisata favorit warga. Setiap pagi dan sore warga berdatangan ke lokasi tersebut untuk bermain pasir putih dan air bak sedang berada di pinggir pantai. 

"Setiap hari yang datang bertambah banyak," kata salah seorang warga, Akram, kepada Liputan6.com, Rabu (2/9/2020). 

Lokasi wisata dadakan di bibir sungai yang mirip pantai ini mulanya adalah lokasi terjadinya banjir bandang yang melanda enam kecamatan di Luwu Utara. Setalah air surut, muncullah pasir putih yang membuat binir Sungai Rongkong terlihat begitu menarik. 

"hamparan pasir putih ini menjadi daya tarik tersendiri bagi warga dan wisatawan," ucapnya. 

Aktivtas wisata di lokasi itu mulai menggeliat selama dua minggu belakangan ini. Menurut Akram, ini adalah hikmah baik dibalik banjir bandang yang sangat merugikan warga setempat. 

"Sudah mulai banyak warga juga yang jualan di sekitar lokasi," jelasnya. 

Selain untuk bermain pasir putih dan mandi di pinggir sungai, lokasi wisata sungai Rongkong ini juga menjadi tempat yang asik untuk berfoto. Menjelang sore pemandangan akan lebih menarik dengan pantulan cahaya matahari terbenam yang menambah indahnya suasana. 

"Kebanyakan yang datang menjadikan lokasi ini sebagai tempat permandian atau sekedar jalan-jalan, apalagi menjelang sore hari, bagi para pemburu Sunset tempat ini sangat tepat untuk mengambil gambar," ungkap Akram. 

2 dari 2 halaman

Simak juga video pilihan berikut ini: