Sukses

Aksi Heroik Warga Gagalkan Perampokan di Perumahan Cirebon

Liputan6.com, Cirebon - Aksi pertarungan sengit terjadi antara warga dengan seorang perampok di Perumahan Pembangunan Kota Cirebon, Selasa (7/7/2020) siang.

Perampok tersebut diketahui bernama M Dahlan warga Gegunung Kabupaten Cirebon. Dari informasi yang didapat, pelaku melakukan aksinya pada siang hari sekitar pukul 13.00 WIB.

"Tiba-tiba Pak RW Pak Mundir ditelepon yang punya rumah namanya Pak Ivan setelah itu Pa RW masuk kok melihat jendela terbuka kemudian ada jejak kaki. Ternyata benar perampok sedang menyekap pembantunya juga Leha," kata Joko (54) salah seorang yang berhasil melumpuhkan pelaku, Selasa (7/7/2020).

Kedatangan Mundir di rumah korban membuat aksi pelaku semakin beringas. Diketahui Mundir sempat dipukul kepalanya dengan gagang pistol jenis revolver.

Mundir merupakan Ketua RW 05 Kelurahan Pekiringan Kecamatan Kesambi Kota Cirebon.

Dia tidak mengetahui pasti pistol yang dibawa pelaku asli atau tidak. Joko menyebutkan, Mundir dipukul kepalanya lima kali hingga pingsan.

"Saya sebelum masuk, Tatang sempat panggil saya. Dan benar pas saya masuk lewat jendela Pak RW sudah pingsan. Saya paksa lawan dan pukulan pelaku sempat berhasil dihalau," kata Joko.

Seketika itu juga perkelahian pun terjadi, pelaku dikeroyok oleh dua orang. Bahkan, di tengah perkelahian, Mundir kemudian tersadar dan ikut mengeroyok pelaku perampokan tersebut.

2 dari 3 halaman

Taklukan Perampok

Beberapa saat kemudian, pelaku berhasil dikalahkan. Warga langsung mengikat pelaku dengan tali rafia dan lilitan kabel.

"Saya sempat teriak nama pembantunya tidak nyahut ternyata sedang disekap sambil ditodongkan pistol," kata dia.

Beberapa saat setelah itu, warga menghubungi kepolisian terdekat. Polisi langsung melakukan olah TKP sementara.

Sementara itu, warga yang berkelahi dengan pelaku sempat mendapat perawatan ringan dari warga setempat. Rumah korban diketahui langsung dikepung warga dan ojol yang melintas.

"Tidak terbayang kalau pelaku melarikan diri bisa langasung diamuk massa. Pelaku saya dengar cedera akibat perkelahian tapi tidak tahu bagian mana," ujar dia.

Hingga berita ini tayang, belum ada keterangan resmi dari pihak kepolisian. Upaya untuk melakukan konfirmasi kepada jajaran Polres Cirebon Kota masih belum berhasil.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: