Sukses

Mengatasi Masalah Corona Covid-19 Bisa Dilakukan dari Rumah, Begini Caranya

Liputan6.com, Yogyakarta Empat organisasi nirlaba berkomitmen untuk berpartisipasi dalam mencari solusi persoalan Corona Covid-19. Mereka bersepakat untuk menggagas retas daring atau online hackathon (kompetisi pengembangan aplikasi) yang diberi nama #retasdarirumah.

Kegiatan ini menjadi hackaton online pertama pada pencarian solusi berbasis komunitas yang fokus pada perangkat keras, IOT (Internet of Things), sistem dan protokol serta solusi berbasis budaya, seni, dan teknologi.

Ide ini digagas oleh HONF Foundation, ke:kini ruang bersama, CAST Foundation, dan Social Digital Innovation yang bertujuan untuk menggugah harapan masyarakat untuk melanjutkan kehidupan dengan masa depan yang lebih baik. 

“Kegiatan dan ide ini juga diharapkan akan mampu untuk merangsang berbagai komunitas kreatif yang bekerja dan berkarya pada area yang beragam untuk selalu menemukan celah inovasi yang bisa dikerjakan secara murah, mudah, dan kolaboratif,” ujar Venzha Christ, pendiri HONF, Senin (11/5/2020).

Kegiatan #retasdarirumah menjadi bentuk urun gagasan secara intensif yang melibarkan orang-orang dari berbagai latar belakang keahlian untuk bekerja sama, bertukar ide, dan membuat tim untuk ide-ide terbaik dan mengembangkan purwarupa dalam waktu 48 jam. Rangkaian kegiatan ini dilakukan secara daring atau online mulai 11 sampai 16 Mei 2020.

Setiap partisipan dapat mendaftar untuk mengatasi lima tantangan masalah Corona Covid-19, meliputi, perimeter peralatan medis, perimeter kebutuhan rumah tangga, perimeter peduli komunitas dan lingkungan, perimeter retas budaya, dan tantangan bebas. Partisipan boleh berasal dari berbagai macam disiplin dan tidak ada batasan kategori.

“Retas daring ini diharapkan akan menghubungkan dan menciptakan berbagai kreativitas dan gagasan dengan menggunakan berbagai perangkat dan keterampilan yang dimiliki untuk merespons Corona Covid-19 di Indonesia di dalam sebuah platform yang inklusif,” ucapnya.

Menurut Venzha, acara ini bukanlah sebuah kompetisi, namun kerja bersama untuk memecahkan kesulitan-kesulitan yang dihadapi selama masa pandemi Corona Covid-19. Bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi bisa mengakses www.honf.org.

2 dari 2 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: