Sukses

Kabar Baik, 2 Pasien Covid-19 di Sulbar Dinyatakan Sembuh

Liputan6.com, Mamuju - Kabar baik disampaikan oleh gugus tugas penanganan Covid-19 Sulawesi Barat, 2 pasien positif Covid-19 dinyatakan sembuh per 12 Mei 2020. Kedua pasien itu berasal dari Kabupaten Polman dan Mamuju Tengah.

Juru bicara Gugus tugas Penanganan Covid-19 Sulawesi Barat Safaruddin Sanusi mengatakan, kedua pasien itu dinyatakan sembuh setelah menjalani uji tes spesimen swab sebanyak 2 kali, semuanya negatif, pasien pun dinyatakan sembuh oleh dokter.

"Pasien 22 berinisial MAN (54) dari Mamuju Tengah berdasarkan hasil pemeriksaan RT-PCR SWAB tes pada 1 dan 11 Mei didapatkan hasil negatif. Kemudian, pasien 39 berinisial HF (53) berdasarkan hasil pemeriksaan RT-PCR SWAB tes pada 5 dan 16 Mei didapatkan hasil juga negatif," kata Safaruddin saat video conference, Selasa (12/5/2020).

Safaruddin menjelaskan, pasien 22 merupakan warga Desa Pontanakayyang yang menjadi klaster penyebaran Covid-19 di Sulawesi Barat. Sebelum dinyatakan terpapar Covid-19 pada 24 April, ia diketahui memiliki kontak erat dengan pasien 03.

Sementara pasien 53, diketahui pernah melakukan perjalanan ke daerah pandemi Covid-19, yaitu ke Makassar. Sebelum dinyakatan positif Covid-19 pada 30 April, ia sempat mejalani karantina mandiri di kediamannya, kemudian dirawat di RSUD Polman.

"Saat ini kedua pasien sudah diperbolehkan pulang, namun mereka masih harus menjalankan protap Covid-19, yakni karantina mandiri selama 14 di kediaman masing-masing," jelas Safaruddin.

Safaruddin mengimbau agar masyarakat tetap mengikuti imbauan pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Secara total terdapat 68 kasus positif Covid-19 di Sulawesi Barat, 59 kasus sedang menjalani perawatan, 7 kasus sembuh, dan 2 kasus meninggal dunia.

2 dari 2 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini: