Sukses

Pasien Positif Covid-19 Asal Pasangkayu Sembuh

Satu pasien positif Covid-19 di Sulawesi Barat dinyatakan sembuh.

Liputan6.com, Mamuju - Satu pasien positif Covid-19 di Sulawesi Barat dinyatakan sembuh. Berita baik itu diketahui setelah gugus tugas penanganan Covid-19 menerima laporan hasil tes swab dari Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Makassar, Sulawesi Selatan.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sulawesi Barat Safaruddin Sanusi mengatakan, pasien yang dinyatakan sembuh itu ialah pasien dengan kode 04 dan saat ini menjalani perawatan di RSUD Regional Sulawesi Barat.

"Hari ini kami menerima hasil laboratorium dari kasus 04 atau pasien positif Covid-19 berinisial IR (43) warga Kabupaten Pasangkayu, dari dua kali hasil tes swab berturut-turut negatif, maka pasien dinyatakan sembuh," kata Safaruddin saat video conference, Sabtu (02/05/2020).

Safaruddin menambahkan, pasien yang dinyatakan positif Covid-19 pada 11 April itu sudah diperbolehkan pulang oleh dokter yang menangani. Namun, ia masih harus menjalani karantina mandiri selama 14 hari sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) Covid-19.

Selain pasien sembuh, lanjut Safaruddin, juga terdapat penambahan satu kasus positif Covid-19 di Sulawesi Barat. Total kasus positif Covid-19 di Sulawesi Barat hingga 2 Mei 2020 mencapai 44 kasus.

"Tambahan satu kasus ini yang kemudian disebut pasien 44, yakni seorang laki-laki berinisial JM (29) asal Kecamatan Tobadak, Kabupaten Mamuju Tengah," ungkap Safaruddin.

Safaruddin menjelaskan, pasien 44 tidak memiliki riwayat kontak erat dengan pasien positif Covid-19 sebelumnya, tetapi ia pernah melakukan perjalanan ke daerah pandemi dalam 14 hari sebelum sakit, yakni ke Makassar, Sulawesi Selatan.

"Pasien 44 saat ini dirawat di RSUD Mamuju Tengah," ucap Safaruddin.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.