Sukses

Banjir Gandeng Longsor Porak-porandakan Ratusan Rumah di Bandung

Hujan deras yang mengguyur wilayah Kota Bandung sejak pada Jumat (1/5/2020) malam, mengakibatkan longsor di Sungai Cikakak, Kelurahan Sukabungah, Kecamatan Sukajadi.

Liputan6.com, Bandung - Hujan deras yang mengguyur wilayah Kota Bandung sejak Jumat (1/5/2020) malam, mengakibatkan longsor di Sungai Cikakak, Kelurahan Sukabungah, Kecamatan Sukajadi. Longsor yang menutupi aliran sungai itu berdampak pada meluapnya kali sehingga merendam 197 rumah.4220173)

Hingga Sabtu pagi hari, air masih menggenangi sebagian wilayah terutama di di RW 03 dan RW 06.

Adapun sejak semalam Dinas Pekerjaan Umum (DPU), Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB), serta Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bandung, dan aparatur kewilayahan langsung membantu warga setempat untuk mengevakuasi diri. Sebagian warga ditampung di rumah-rumah tetangga, sebagian lain mengungsi ke masjid setempat.

Wali Kota Bandung, Oded M Danial langsung meninjau lokasi dan meminta Dinas Kebakaran dan Dinas PU dan seperangkat aparat kewilayahan turun menangani.

“Barusan saya lihat memang air masih ada cukup tinggi, masih sebetis. Tapi Insya Allah oleh Insya Allah hari ini juga mudah-mudahan bisa surut karena disedot oleh mesin pompa,” kata Oded.

Selain menyedot air menggunakan mesin pompa, Oded pun langsung mengaktifkan dapur umum. Kebetulan, dapur umum PKK yang terbentuk untuk penanganan Covid-19 di wilayah tersebut sudah siap dan akan difungsikan untuk membantu korban banjir.

“Dapur umum sudah ada, penampungan di masjid dekat rumah terdampak sudah ada, bantuan sudah diberikan dapur umum itu untuk masyarakat dalam rangka Covid-19. Alhamdulillah sudah siap,” ujarnya.

Sementara itu, Camat Sukajadi Tubagus Agus Mulyadi menuturkan, warganya akan bergotong royong untuk mengangkat material longsor dari Sungai Cikakak. Pasalnya, alat berat dari DPU tidak bisa masuk ke lokasi karena berada di gang sempit.

“Ini ada kendala karena lokasinya di gang yang alat berat tidak bisa masuk. Jadi kita mungkin akan bergotong-royong. Semua pihak baik dinas maupun masyarakat secara manual kita akan melaksanakan gotong royong hari ini, mudah-mudahan cuaca hari ini tidak hujan lagi,” kata Tubagus.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.