Sukses

Pemudik Keburu Datang, Cirebon Ingin PSBB Tingkat Provinsi

Liputan6.com, Cirebon - Rencana Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB di Cirebon bukan lagi hanya sebatas wacana.

Pemkot Cirebon masih menunggu keputusan Pemprov Jabar untuk melakukan PSBB di tingkat Provinsi. Walikota Cirebon Nashrudin Azis mengatakan, Kota Cirebon salah satu daerah yang paling sering dilintasi masyarakat dari luar terutama Jakarta.

"Saya kira saat ini, rencana melakukan PSBB provinsi merupakan keputusan yang paling baik," ungkap Azis usai mengikuti video conference dengan Gubernur Jawa Barat Rabu (29/4/2020).

Dalam vicon tersebut, sebut Azis, Gubernur Ridwan Kamil menyebutkan perkembangan positif terhadap daerah yang lebih dulu dilakukan PSBB.

Sebagian besar kepala daerah di wilayah Jawa Barat menyetujui untuk dilakukan PSBB.

"Seluruh kepala daerah mendukung dan rencana penerapan PSBB akan diajukan Gubernur Jabar ke Kementrian Kesehatan," ujar dia.

Azis menyatakan siap mendukung langkah Pemprov Jabar apabila memutuskan untuk melakukan PSBB. Menurut dia, wilayah di Jawa Barat saat ini bisa dilintasi oleh siapapun terutama warga luar Jawa Barat.

Azis menjelaskan, keputusan mendukung PSBB karena saat ini sudah tidak ada lagi sebutan daerah episentrum. Termasuk Cirebon yang ditetapkan oleh Azis sebagai zona merah Covid-19.

2 dari 3 halaman

Menunggu

"Karena semua daerah sudah bisa terlintasi maka langkah kongkrit harus segera diantisipasi," kata Azis.

Oleh karena itu, rencana Pemprov Jabar melakukan PSBB tingkat provinsi merupakan langkah paling efektif. Upaya tersebut, akan menekan dan memutus mata rantai covid-19.

Azis menyebutkan, dalam video conference tersebut, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengungkapkan telah terjadi penurunan penyebaran Covid-19 di daerah yang telah dilakukan PSBB yaitu Bodebek dan Bandung raya.

"Sebenarnya rencana PSBB juga merupakan harapan Pemkot Cirebon. Jadi mengetahui rencana pak Gubernur saya rasa sudah klop dsn kami siap melaksanakannya," ujar Azis.

Namun demikian, Azis mengaku masih menunggu perkembangan lebih lanjut terkait rencana PSBB. Azis akan mengikuti petunjuk yang diberikan Pemprov Jabar terkait keputusan melakukan PSBB.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: