Sukses

Kabar Baik dari Sumbar, 2 Pasien Positif Corona Dinyatakan Sembuh

Kabar baik datang dari Sumatera Barat, dua orang pasien positif virus corona (Covid-19) dinyatakan sembuh setelah swab dua kali menunjukkan hasil negatif.

Liputan6.com, Padang - Sebuah kabar baik datang dari Sumatera Barat, 2 orang pasien positif virus corona Covid-19 dinyatakan sembuh setelah swab dua kali menunjukkan hasil negatif.

"Iya kemarin dinyatakan negatif, saat ini pasien sudah diperbolehkan pulang," kata Kepala Biro Humas Pemprov Sumbar kepada Liputan6.com, Selasa (7/4/2020).

Ia menyebut dua pasien itu berasal dari daerah berbeda, pasien yang sembuh pertama dari Kabupaten Tanah Datar dan yang kedua warga Bukittinggi.

Kedua pasien yang sudah dinyatakan sehat tersebut sama-sama dirawat di RS Ahmad Muchtar Bukittinggi. Pasien dikatakan sembuh apabila swab tenggorokan dua kali berturut-turut menunjukan hasil negatif.

"Proses pengecekan sampel pasien virus corona Sumbar dapat lebih optimal sejak Laboratorium Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (Unand) mendapat izin dari Kemenkes beberapa waktu lalu," katanya.

Kemudian Jasman menyampaikan, pasien yang sudah diizinkan pulang tersebut tetap disarankan oleh dokter agar beristirahat di rumah.

Di Sumbar data terbaru jumlah pasien positif virus corona sebanyak 18 orang, 8 pasien dirawat di RSUP M Djamil Padang dan RS Achmad Muchtar Bukittinggi.

Kemudian 7 pasien lainnya melakukan isolasi mandiri di rumah, 2 orang berhasil sembuh, dan 1 lagi pasien meninggal dunia.

Selajutnya Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Sumbar tercatat 3.648 jiwa, 1.744  di antaranya masih dalam pemantauan dan 1.904 orang sudah selesai masa pemantauan.

Jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Sumbar 85 orang, 16 di antaranya masih dirawat atau masih menunggu hasil. Sementara 8 orang PDP masih diisolasi di rumah dan 61 lainnya sudah dinyatakan negatif virus corona Covid-19.

Sebelumnya Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit mengatakan kondisi pasien yang terjangkit virus corona (Covid-19) terus membaik.

"Kondisi pasien saat ini di RSUP M Djamil Bukittinggi, RS Ahmad Muchtar maupun yang isolasi di rumah sudah mulai membaik," katanya.

Ia berharap tidak ada lagi pasien yang dinyatakan positif virus corona (Covid-19). Pihaknya sudah memperketat pengawasan arus masuk di semua perbatasan.

"Di perbatasan ada petugas yang mengecek kesehatan masyarakat yang hendak masuk ke Sumbar," katanya menambahkan.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.