Sukses

Gugus Tugas Covid-19 Sulsel Pakai Drone Deteksi Suhu Tubuh Warga

Liputan6.com, Makassar - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sulawesi Selatan memesan dua buah drone pendeteksi suhu tubuh dari Jakarta. Drone itu nantinya akan digunakan untuk mengecek suhu tubuh warga di sejumlah titik-titik keramaian di Sulawesi Selatan.

"Rencananya hari Senin sudah tiba di sini (Makassar), maka hari Senin kita sudah mendistribusikan Drone ini untuk melakukan pemantauan identifikasi di tempat-tempat yang kita tentukan," kata Ketua Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sulawesi Selatan sekaligus Panglima Kodam XIV Hasanuddin, Mayor Jenderal Andi Sumangerukka, Sabtu (28/3/2020).

Drone itu dibuat khusus dan dilengkapi alat pendeteksi suhu tubuh. Setiap warga yang dideteksi memiliki suhu tubuh berlebih maka akan langsung dibawa untuk diperiksakan kesehatannya. 

"Nah alat alat pendeteksi suhu tubuh kita tempelkan di drone dimana daerah-daerah yang kita indikasi tempat pengumpulan masyarakat apakah itu di pasar apakah itu di pelabuhan, kita akan terbangkan drone itu," jelasnya.

Andi Sumangerukka menyebutkan bahwa pihaknya akan menambah jumlah drone pendeteksi suhu tubuh tersebut agar bisa mempermudah deteksi dini warga yang dicurigai terjangkit Virus Corona Covid-19 di titik-titik keramaian yang ada di Sulawesi Selatan.

 

"Untuk saat ini kita pesan dua. Nanti secara bertahap kita akan pesan lagi, alatnya itu kita beli di Jakarta, sudah habis. Sisa dua itu dan kita ambil semua. Kita sudah pesan lagi kalau sudah ada persediaan kita ambil lagi. Yang jelas yang dua ini akan kita gunakan secara maksimal," dia memungkasi. 

2 dari 2 halaman

Saksikan juga video pilihan berikut: