Sukses

Di Kaltim Kini Ada 9 Pasien Terjangkit Covid-19

Pasien terjangkit Covid-19 di Kalimantan Timur kini berjumlah sembilan orang.

Liputan6.com, Samarinda - Pasien dinyatakan terjangkit Covid-19 di Kalimantan Timur (Kaltim) bertambah. Kini total pasien positif sudah mencapai Sembilan orang.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pemprov Kaltim Andi M Ishak menjelaskan, penambahan terbanyak berasal dari Kota Balikpapan. Dari kota ini, ada tambahan lima pasien terjangkit.

Satu tambahan lagi berasar dari Kutai kartanegara. Secara akumulatif, kata Andi, saat ini pasien terkonfirmasi satu dari Samarinda, Enam dari Balikpapan, dan dua dari Kuta Kartanegara.

“Mungkin berbeda dari yang disampaikan oleh pusat, bukan 10, tapi Sembilan. Kami sudah konfirmasi di Kaltim 9 pasien terkonfirmasi Covid-19,” kata Andi M Ishak, Jumat (20/03/2020) petang.

Sementara untuk data Pasien Dalam pengawasan (PDP), Andi menyebut saat ini ada 19 pasien sedang masa isolasi. Jumlah ini termasuk data PDP baru yang masuk, serta dikurangi data pasien yang sudah dinyatakan negatif.

“19 pasien PDP ini masih kita tunggu hasilnya dari Laboratorium Balibangkes Kementerian Kesahatan,” tambahnya.

Sedangkan untuk jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP), ada peningkatan yang cukup drastis. Saat ini Gugus Tugas Penanganan Covid-19 sedang memantau sebanyak 426 orang.

“Kebanyakan ODP adalah orang yang kita tracing, ada kontak dengan pasien PDP maupun yang sudah terjangkit,” papar Andi.

Selain itu, tak sedikit warga dengan status ODP yang melaporkan diri usai bepergian ke daerah terjangkit, atau dari luar negeri.

“Secara akumulatif mulai tanggal 31 Januari 2020 hingga hari ini yang sudah selesai dalam pemantauan sebanyak 135 kasus,” kata Andi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pulang dari Jepang

Dari enam pasien terkonfirmasi Covid-19 yang baru, Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pemprov Kaltim sudah berkoordinasi dengan dinas kesehatan setiap kabupaten dan kota. Seluruh pasien terjangkit akan ditelusuri kontak fisiknya.

Andi M Ishak menjelaskan, dari lima pasien di Kota Balikpapan, ada satu pasien terkonfirmasi Covid-19 yang baru pulang dari Jepang. Selain itu ada satu pasien lainnya dari hasil tracing usai mengunjungi DKI Jakarta.

Sedangkan tiga pasien lainnya yang di Kota Balikpapan, sebut Andi, berkaitan erat dengan pasien terkonfirmasi di Samarinda. Mereka juga satu cluster dengan pasien positif di Solo, Jawa Tengah yang kemudian meninggal.

“Mereka satu rombongan ikut seminar di Bogor, Jawa Barat,” sebut Andi.

Satu pasien terkonfirmasi Covid-19 lainnya yang berada di Kabupaten Kutai Kartanegara juga usai kunjungan ke Bogor. Hanya saja, pasien ini adalah peserta Rapat Sinode Tahunan GPIB.

Pasien terkonfirmasi di Balikapapan, lima pasien diisolasi di RSUD Kanujoso Djatiwibowo, dan satu pasien di Rumah Sakit Pertamina. Sedangkan dua pasien di Kutai Kartanegara dirawat di RSUD AM Parikesit. Sementara satu pasien di Kota Samarinda dirawat di RSUD AW Syahranie.

Simak video pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.